Pasca Puting Beliung, Bantuan Mulai Mengalir

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Angin Puting Beliung yang melanda wilayah Kabupaten Banjar pada Selasa (01/01/2019) kemarin membuat atap rumah milik Lukman (75) warga Sa’adah 2 Kelurahan Sungai Paring, Kecamatan Martapura itu menjadi beterbangan.

Saat ditemui jurnalis Headline9.com lelaki paruh baya itu Nampak terlihat murung sembari memandangi anak-anaknya memasang terpal dan membersihkan sisa-sisa atap yang tersapu angin putting beliung.

Suami dari Ibu Erna itu menuturkan, saat angin putting beliung menerbangkan atap rumah miliknya, dirinya sedang melaksanakan salat asyar di dalam kamar rumahnya itu.

“Waktu kejadian pas salat, saya dengar ada suara menggemuruh, pas keluar kamar sudah hilang atapnya dan banjir dalam rumah, sempat kagum dan lalu membersihkan dapur yang digenangi air, ”tuturnya.

Lukman juga menambahkan, atap dapur rumahnya habis tak tersisa, beruntung warga setempat bersedia meminjamkan terpal untuk menutup bagian atap yang terbang.

BACA JUGA :  Pembangunan LPM  Diharapkan Mewujudkan Ketahanan Pangan di Kabupaten Banjar

“Dari BPBD belum ada bantuan, tadi pagi hanya pihak kelurahan yang datang kesini untuk memantau kondisi rumah kami. Saya berharap pihak terkait dapat membantu untuk memperbaiki rumah saya, “katanya.

Sementara Sekretaris kelurahan Sungai Paring Mansya saat dikonfirmasi pada Rabu (02/01) pagi mengatakan, pihaknya baru mengetahui adanya musibah angin putting beliung menimpa warganya pada rabu pagi. Sehingga baru melakukan pengecekan ke lokasi.

“pihak RT juga tidak memberitahukan kepada kita kemarin, tentu sangat disayangkan harusnya RT setempat langsung mengabarkan ke kita saat kejadian, namun kami telah melakukan menyerahkan berkas-berkas ke BPBD agar warga yang tertimpa musibah ini dapat dibantu,”ujarnya

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah M Irwan Kumar pada Selasa malam mengatakan, pihaknya tidak mendapatkan informasi akan adanya rumah warga sugai paring yang terkena angin putting beliung, padahal anggotanya on call 24 jam jika ada laporan tentu langsung menuju lokasi tersebut.

BACA JUGA :  Komnas PA Berikan Pengharagaan Kepada Kapolres Kapuas

“Sampai mahgrib kemarin kita tidak menerima laporan adanya angin putting beliung di wilayah Sa’adah 2, yang kita dapat hanaya di Sungai Tabuk, Pematang Panjang, Astambul, Bnua Anyar, Pengaron dan Di Sambung Makmur. Jadi datanya baru kita dapat sore, rata-rata kerusakan ada yang terkena angin putting beliung, dan dirobohi pohon, namun untuk Komplek Sa’adah akan kita pantau pagi ini,”katanya

Ditambkaannya, pihaknya akan menyalurkan bantuan kepada para korban yang tertimpa musibah angin putting beliung pada rabu pagi.“kita bawa terpal, selimut, air mineral dan makanan cepat saji,”ucapnya.(sairi)

Baca Juga