BPD Bersama Pemerintah Desa Sukseskan Visi Misi Pembangunan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headline9.com, MARTAPURA – Bupati Banjar H Saidi Mansyur membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Banjar 2023, di Bukit Bintang Park dan Resort, Padang Panjang Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Selasa (24/1/2023) pagi.

Dalam acara tersebut, Bupati Banjar menyampaikan, peran Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) sebagai unsur penyelenggara pemerintahan desa memiliki posisi yang strategis dalam menjawab kebutuhan masyarakat, sesuai dengan situasi dan kondisi masyarakat setempat.

Memiliki peran sangat besar dalam mempercepat keberhasilan pembangunan desa. Pembangunan di tingkat desa sudah saatnya berbasis pada data SDGS, yang diperoleh melalui riset dan inovasi, memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan tekonologi untuk memperoleh data.

BACA JUGA :  80 Persen Siswa SMAN 1 Karang Intan Divaksinasi

Menurutnya, BPD dengan pemerintahan desa harus sejalan dalam mensukseskan visi misi kepala desa. Selain itu juga perlu meningkatkan kinerja serta menjalankan fungsinya sebagai anggota.

“Jalin komunikasi yang baik dengan pemerintahan desa, lembaga kemasyarakatan desa dan lembaga lain yang ada di desa dalam menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi serta wewenang BPD,” pintanya.

Saidi mengharapkan, pelaksanan Rakorda ini menjadi hal yang positif sebagai momentum dalam menentukan arah kebijakan mendukung program kerja pemerintahan desa. Selain itu juga berperan dalam mendukung dan menunjang visi misi Kabupaten Banjar Maju Mandiri dan Agamis (Manis).

BACA JUGA :  Seluruh Fraksi Setujui Raperda Menjadi Perda

Ketua PABPDSI Kabupaten Banjar Habib Ahmad Al Qodiry mengatakan, tujuan Rakorda ini selain silaturahmi antar anggota juga sebagai evaluasi intern di dalam organisasi sebagai bahan pertimbangan untuk tahun depan.

Total anggota BPD saat ini berjumlah 1.399 yang berasal dari  277 desa dan 20 kecamatan.

“Harapan kami semua kedepannya pemerintah daerah bisa memberikan bantuan untuk kami mobil operasional dan penunjang lainnya demi kelancaran roda organisasi,” harapanya.

Baca Juga