Categories: Tanah Bumbu

Kesbangpol Tanbu Gelar Prningkatan dan Pendidikan Politik

Headline9.com, BATULICIN – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Tanah Bumbu melaksanakan Program Peningkatan Peran Partai Politik dan Lembaga Pendidikan melalui Pendidikan Politik Pengembangan Etika, serta Budaya Politik Tahun 2023, Kamis (23/2/2023), di Aula Kantor Koramil Kecamatan Kusan Hilir.

Dalam sambutan yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra, Hj Mariani, Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar menyampaikan, atas nama Pemerintah Daerah menyambut baik dengan digelarnya kegiatan pendidikan politik bagi pemilih pemula dengan tema “Peran Pemuda dalam Pemilu/Pilkada Serentak Tahun 2024 Tanah Bumbu Bersujud menuju Serambi Madinah”.

Seperti yang kita ketahui bersama, kata Bupati, Pendidikan Politik dan Etika Budaya Politik sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara berpolitik dengan baik dan bijak, hal ini juga diperlukan untuk menjadi acuan dalam memilih calon kandidat pemimpin yang ada di Pemilihan Umum (Pemilu) serta Pilkada Serentak Tahun 2024 mendatang.

Dimana, dalam pelaksanaan Pendidikan Politik Pengembangan Etika serta Budaya Politik ini, diperlukan adanya peran pemuda untuk turut berpartisipasi pada Pemilu/Pilkada Serentak Tahun 2024, pemuda harus wajib terlibat langsung dalam mendorong peningkatan kualitas kesadaran politik melalui pendidikan politik ini.

Selanjutnya, Pemilu 2024 diprediksi lebih berat karena tiga event penyelenggaraan Pemilu, diantaranya Pemilihan Presiden, Pemilihan Anggota Legislatif, dan Pemilihan Kepala Daerah yang diselenggarakan pada tahun yang sama.

Oleh karenanya, peran pemuda sangat diperlukan untuk memberikan pengawasan partisipatif lapis kedua selain pengawas TPS, yang diharapkan mereka dapat menjadi penyelamat suara Rakyat Indonesia, sehingga calon pemimpin yang terpilih itu benar-benar kehendak suara rakyat.

Selain itu peran pemuda juga diharapkan untuk mencegah pelanggaran dan korupsi politik yang biasa terjadi pada Pemilu, sehingga Pemilu/Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Tanah Bumbu terlaksana secara aman, tertib, dan bersih guna mewujudkan Tanah Bumbu Bersujud sebagai Serambi Madinah.

lintang

Recent Posts

HST Terima Tiga Kategori Penghargaan dari Kemendikbud Ristek, Aulia: Iklim Pendidikan di Bumi Murakarta Sangat Bagus

Headline9.com, BARABAI- Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) diganjar tiga kategori penghargaan oleh Kementerian Pendidikan… Read More

37 menit ago

Lisa Halaby Dapat Restu Warga Komplek Bumi Cahaya Bintang untuk Pilkada Banjarbaru 2024

Headline9.com, BANJARBARU – Bakal calon Wali Kota Banjarbaru 2024, Hj Erna Lisa Halaby, atau yang… Read More

13 jam ago

Baliho ELH Tersebar, Relawan Merapat

Headline9.com, BANJARBARU - Strategi menyebar ratusan baliho Erna Lisa Halaby (ELH) hingga ke pelosok wilayah… Read More

13 jam ago

Head Departement CSR PT BIB Silvyna Aditya Tutup Pelatihan Berbasis Kompetensi Menjahit

Headline9.com, BATULICIN - Management PT Borneo Indobara (BIB) Silvyna Adiya selaku Head Departemen CSR PT… Read More

1 hari ago

Bupati HST Dilantik Jadi Ketua Mabicab HST, Aulia: Ajak Seluruh Pengurus Bersinergi Membangun Banua

Headline9.com, BARABAI - Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Aulia Oktafiandi, resmi dilantik sebagai Ketua… Read More

1 hari ago

Penggunaan Anggaran Stunting 2023 di Kabupaten Banjar Dinilai Legislatif Tak Tepat Sasaran

Headline9.com, MARTAPURA - Legislatif di Kabupaten Banjar menyoroti penggunaan anggaran pencegahan dan penanganan stunting (stunting)… Read More

2 hari ago

This website uses cookies.