Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Mari Pilah Sampah Dari Rumah

Mari Pilah Sampah Dari Rumah

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Kampanye pilah sampah dari rumah terus digaungkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar. Salah satunya melalui Bank Sampah Sekumpul, Martapura.

Direktur Bank Sampah Sekumpul, Dewi Heldayati pada sesi dialog mengusung tema ‘Bijak Kelola Sampah (Bakisah) di Radio Suara Banjar, mengatakan, sangat penting bagi masyarakat mengenal jenis-jenis sampah. Ini sebagai fase awal pemilahan sampah.

Menurutnya, ada dua jenis sampah terbanyak yang dihasilkan dalam keseharian masyarakat. Yakni sampah kertas dan sampah plastik. Termasuk jenis sampah ini, kardus, buku bekas, kantong plastik, gelas dan botol plastik.

BACA JUGA :  Uji Coba Fasilitas Teleconference Command Center

Dari kedua jenis sampah ini, kata Dewi, sampah plastik lebih berdampak buruk pada lingkungan. Terlebih lagi jika sampah plastik dibuang sembarang. Parahnya, pola hidup dan budaya masyarakat banyak yang membuang sampah plastik ke sungai. Padahal itu salah satu penyebab banjir.

BACA JUGA :  Puncak Harjad Tetap ke RTH Ratu Zalecha Martapura 

Menurut Dewi, masiha da pemahaman yang salah di tengah masyrakat ikhwal jenis sampah ini. Utamanya sampah kertas. Mayoritas masyarakat mengklasifikasikannya sebagai sampah kering dan sampah basah.

Khususnya sampah kertas, Dewi mengimbau agar masyarakat memilahnya dan membawanya ke Bank Sampah.

“Kalaupun tidak, berikan saja sampah-sampah kertas yang sudah dipilah tersebut kepada pemulung. Hitung – hitung berbagi untuk tambahan pendapatan mereka,” kata Dewi.

Baca Juga