Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Posyandu Bina Warga Wakili Tanbu di Lomba Pangan Tingkat Provinsi

Posyandu Bina Warga Wakili Tanbu di Lomba Pangan Tingkat Provinsi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com,  BATULICIN – Posyandu Bina Warga Desa Tri Martani Kecamatan Sungai Loban mewakili Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) pada lomba Pemberian Makanan Tambahan (PMT) di Posyandu, Berbasis Pangan Lokal Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Jumat (26/5/2023), Tim Provinsi Kalimantan Selatan melakukan penilaian Lomba PMT tersebut dengan mengunjungi langsung Posyandu Bina Warga.

Pada penilaian lomba turut dihadiri pula TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu, GOW Tanbu, dan SKPD terkait lainnya.

Keikutsertaan Posyandu Bina Warga pada lomba Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tak terlepas dari dukungan dan di fasilitasi oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Tanah Bumbu.

BACA JUGA :  Hadiri Maulid Didesa Gunung Besar Staf Khusus Wakil Bupati Sampaikan Tausyiah Riwayat Kelahiran Nabi Muhammad SAW.

“Kami dari Kabupaten menyambut baik dengan digelarnya Lomba PMT di Posyandu Berbasis Pangan Lokal yang diselenggarakan oleh Provinsi Kalimantan Selatan, yang tentunya diharapkan memberikan dampak terhadap kualitas kesehatan masyarakat di Bumi Bersujud,” ujar Kepala DKPP Tanbu diwakili Sekretaris DKPP Lamijan, Jumat (26/5/2023).

 

Mengingat lomba PMT ini bertujuan untuk menggerakkan gerakan makanan enak, makanan sehat, makanan beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA), suka sayur, dan buah-buahan.

Oleh karena itu, melalui lomba ini diharapkan dapat menjadi faktor pendorong masyarakat, khususnya orang tua untuk mengenal, mengolah, dan mengkonsumsi sumber-sumber pangan lokal, dengan tetap berpedoman pada keseimbangan gizi, sehingga terciptanya anak-anak yang sehat, aktif, produktif serta terbebas dari stunting.

BACA JUGA :  FGD Tanbu, Disperin Kalsel Dorong Penggunaan Produk Dalam Negeri

Sementara itu, untuk mewujudkan target pemerintah daerah dalam menurunkan angka stunting, Posyandu Bina Warga memiliki beragam inovasi seperti Tas Desi (berantas stunting dengan intervensi gizi), pelacakan balita stunting, kelas asik (anak sehat investasi keluarga), edukasi cantik (cegah anemia pasti keren), pemberian paket pertolongan gizi pada balita stunting dan balita kurus, dan ceting herdu (cegah stunting dengan herbal dan madu).

Adapun pemenang pertama pada lomba PMT Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan ini akan diikutkan untuk mewakili Kalsel pada lomba PMT tingkat Nasional.

Baca Juga