Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Perkuat Penyelenggaraan Pemilukada 2024 Zairullah Bersama KPU dan Bawaslu Tandatangani…

Perkuat Penyelenggaraan Pemilukada 2024 Zairullah Bersama KPU dan Bawaslu Tandatangani NPHD. 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Naskah Perjanjian Dana Hibah (NPHD) ditandatangani oleh Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) dr. HM. Zairullah Azhar bersama KPU Tanbu serta Bawaslu Tanbu, diruang kerja Bupati, Kamis (2/11)

NPHD ini dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan Pemilihan Umum Kepala Desa (Pemilukada) 2024.

Disampaikan Kepala Badan  Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) pada Pemilukada  tahun 2024 ini, Pemerintah Daerah menjamin ketersediaan anggaran perhelatan demokrasi tersebut.

“Dana itu digunakan untuk mendukung operasional KPU maupun Bawaslu, itulah pembiayaan dari tahapan mulai dari persiapan sampai dengan pelantikan,” jelasnya.

Lanjutnya, adapun nilai yang diberikan dalam dana hibah itu yakni untuk KPU adalah 32,4 milyar sedangkan untuk Bawaslu adalah 12 milyar.

“Dalam rinciannya, NPHD KPUD Tanbu sebesar 32,4 milyar. Pada tahap I, tahun anggaran 2023 sebesar 8 milyar dan pada tahap II, tahun anggaran 2024 sebesar 24,4 milyar, sedangkan Bawaslu nilai NPHD 12 milyar, pada tahap I tahun anggaran 5,2 milyar dan tahap  II Tahun anggaran 2024  sebesar 6,8 milyar,” terangnya.

BACA JUGA :  Pemkab Tanbu Akan Bentuk Tim Independen Untuk Selesiakan Kerusakan Pemukiman Warga

Nahrul berharap dengan dana hibah ini pemerintah daerah menjamin serta mensukseskan Pemilukada 2024, baik KPU dan Bawaslu sehingga itu terjamin dengan keuangan daerah.

Ketua KPU Tanbu Puryadi begitu  mengapresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Tanbu, khususnya Bupati Tanbu serta jajarannya seperti Kesbangpol yang telah memfasilitasi dalam rangkaian acara NPHD ini.

“Melihat dari Kabupaten lain, pelaksanaan ini serentak dilakukan. Alhamdulillah kita telah difasilitasi oleh Bupati yang telah meluangkan waktunya untuk bersama-sama menandatangani NPHD ini,” paparnya.

BACA JUGA :  Ratusan Anak di Tanbu Tumbuh Sebagai Penghapal Qur'an 

Terkait pelaksanaan Pilkada itu,  murni di biayai oleh dana hibah tersebut, namun pada prosesnya dana tersebut bukan sertamerta langsung berada di kas KPU.

“Setelah penandatanganan NPHD, dana itu dimasukkan ke KPPN2, dengan demikian pengeluaran dana  itu sesuai tahapan di KPU RI, jadi tidak serta merta sekehendak KPU Kabupaten, itu tetap mengacu pada tahapan peraturan KPU, serta berbagai kegiatan yang sifatnya  hirarkis datang dari KPU RI.

Usai penandatanganan Bupati Zairullah mengajak kepada semua pihak agar mendukung pelaksanaan Pemilukada 2024 secara damai, tentunya dimulai dengan menciptakan rasa aman dilingkungan masing-masing

Kita berharap pesta demokrasi bisa melahirkan pemimpin yang amanah dan tetap konsisten mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” pungkasnya (MHL)

Baca Juga