Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. Masyarakat Desa Panimbaan Gelar Panen Raya Ikan Nila Bioflok

Masyarakat Desa Panimbaan Gelar Panen Raya Ikan Nila Bioflok

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BALANGAN – Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Balangan, Tuhalus, hadiri kegiatan panen raya ikan nila hasil budidaya sistem bioflok, di Desa Panimbaan, Kecamatan Juai, Kamis (16/11/2023).

Tuhalus sangat mengapresiasi pemanfaatan budidaya ikan nila dengan sistem bioflok, karena ini merupakan inovasi yang sangat inovatif untuk menghasilkan perputaran ekonomi yang lebih cepat.

“Ini adalah pemanfaatan yang luar biasa juga dari desa pada ketahanan pangan berupa pemeliharaan ikan melalui bioflok,” tuturnya.

Sementara itu Camat Juai, Nanang Edward, menyampaikan pihaknya akan selalu siap mendukung pelaksanaan program desa khususnya dalam meningkatkan produksi budidaya perikanan dan menumbuhkan kawasan sentra ekonomi lainnya.

BACA JUGA :  Bupati Balangan Hadiri Coffee Morning Bahas Kesiapan Jelang Pemilu 2024

“Kami dari kecamatan akan selalu mendukung program inovasi desa dan siap membimbing para pemerintah desa dalam memotivasi masyarakatnya, mengembangkan, memaksimalkan APBDes untuk ekonomi aktif desa khususnya dibidang ketahanan pangan dan ekonomi kerakyatan,” sampainya.

Terpisah Kepala Desa Panimbaan, Yannor, menyebutkan ada sekitar 60 kolam ikan bioflok yang berkembang di Desa Panimbaan, yang mana satu rumah memiliki satu kolam ikan.

BACA JUGA :  Abdul Hadi Buka Pameran Budaya Desa di Kapul

Adapun panen ikan dengan sistem bioflok tersebut dilakukan setiap empat bulan sekali, dimulai dari penebaran ukuran bibit yang bervariasi hingga selesai panen.

“Hasil panen bervariasi dan di sini memang kurang memuaskan dalam artian satu kolam cuma dapat 76 kilogram, namun hasil itu juga sudah menjadi nilai ekonomi bagi masyarakat,” ujarnya.

Yannor berharap ke depan agar masyarakat bisa memanfaatkan kolam yang ada sebagai penunjang ekonomi serta dukungan dari pemerintah daerah bisa terus berlanjut.

Baca Juga