bappedalitbang

DMSF II: Fokus Klasterisasi dan Dukungan Penuh untuk Program YESS di Kabupaten Banjar

headline9.com, MARTAPURADistrik Multi Stakeholder Forum (DMSF) II resmi dibuka pada Rabu (18/10/2023) di Hotel Aston kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar. Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan, Siti Hamidah, dan Kepala SMKPPN, Budi Santoso. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Banjar, Ikhwansyah, membuka forum tersebut mewakili Bupati Banjar.

Rapat ini dihadiri oleh anggota dari berbagai instansi, termasuk Dinas lingkup Kabupaten Banjar, UPT Kementan Lingkup Kalsel, BRIPDA, Offtaker, DPM/DPA Kalsel, Perbankan, KADIN, HIPMI, IWAPI, KTNA, HKTI, APJI, Hotel Aston Banua, Pihak Industri Swasta, Financial Advisor, Fasilitator, dan Penerima Manfaat.

Ikhwansyah menekankan pentingnya kerjasama dalam sektor pertanian, yang menyumbang pendapatan tertinggi kedua di Kabupaten Banjar, yaitu sebesar 18,87%. Dia menyatakan bahwa sektor pertanian dapat menjadi lapangan kerja yang menarik dan berdampak pada penurunan tingkat kemiskinan.

Budi Santoso menyampaikan dua kunci utama dalam pelaksanaan Program YESS Kementan. Pertama, program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pemuda di pedesaan melalui pendidikan dan pelatihan untuk menjadi agen pembangunan pertanian. Kedua, sasaran dari Program YESS adalah pemuda/i harus memiliki jiwa kewirausahaan dari hulu sampai hilir.

Siti Hamidah, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Banjar, memberikan materi tentang “Dukungan Kebijakan Pemerintah Kabupaten Banjar terhadap Program YESS”. Dia menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Banjar memberikan dukungan kebijakan atau peraturan yang mendukung partisipasi pemuda, terutama dalam manajemen bisnis dan pengembangan SDM di bidang pertanian.

Kencana Wati, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan, juga menyampaikan dukungannya terhadap Program YESS, khususnya terkait offtaker atau pasar/perusahaan ritel komoditas pertanian atau peternakan seperti itik.

DMSF II bertujuan untuk menyampaikan capaian dan evaluasi Program YESS serta informasi rencana kegiatan pelaksanaan tahun 2023. Forum ini juga menjadi wadah untuk saling mendukung, menyumbangkan ide, dan berkolaborasi dalam mendukung Program YESS untuk masyarakat Banjar. (Bappedalitbang/Headline9)

lintang

Recent Posts

Lisa Halaby Dapat Restu Warga Komplek Bumi Cahaya Bintang untuk Pilkada Banjarbaru 2024

Headline9.com, BANJARBARU – Bakal calon Wali Kota Banjarbaru 2024, Hj Erna Lisa Halaby, atau yang… Read More

12 jam ago

Baliho ELH Tersebar, Relawan Merapat

Headline9.com, BANJARBARU - Strategi menyebar ratusan baliho Erna Lisa Halaby (ELH) hingga ke pelosok wilayah… Read More

12 jam ago

Head Departement CSR PT BIB Silvyna Aditya Tutup Pelatihan Berbasis Kompetensi Menjahit

Headline9.com, BATULICIN - Management PT Borneo Indobara (BIB) Silvyna Adiya selaku Head Departemen CSR PT… Read More

23 jam ago

Penggunaan Anggaran Stunting 2023 di Kabupaten Banjar Dinilai Legislatif Tak Tepat Sasaran

Headline9.com, MARTAPURA - Legislatif di Kabupaten Banjar menyoroti penggunaan anggaran pencegahan dan penanganan stunting (stunting)… Read More

2 hari ago

PLN Hadirkan SPKLU di Batulicin, Dukung Energi Ramah Lingkungan

Headline9.com, BATULICIN - PT PLN (Persero) menghadirkan Stasiun Pengusian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dikawasan Batulicin,… Read More

2 hari ago

Muncul di Menit Akhir, Maulana Siap Berlaga di Pilkada Banjarbaru

Headline9.com, BANJARBARU - Menjelang  pendaftaran pasangan calon (27-29 Agustus 2024), drama politik terus menggeliat di… Read More

2 hari ago

This website uses cookies.