Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. bappedalitbang
  4. »
  5. DMSF II: Fokus Klasterisasi dan Dukungan Penuh untuk Program YESS…

DMSF II: Fokus Klasterisasi dan Dukungan Penuh untuk Program YESS di Kabupaten Banjar

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headline9.com, MARTAPURADistrik Multi Stakeholder Forum (DMSF) II resmi dibuka pada Rabu (18/10/2023) di Hotel Aston kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar. Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan, Siti Hamidah, dan Kepala SMKPPN, Budi Santoso. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Banjar, Ikhwansyah, membuka forum tersebut mewakili Bupati Banjar.

Rapat ini dihadiri oleh anggota dari berbagai instansi, termasuk Dinas lingkup Kabupaten Banjar, UPT Kementan Lingkup Kalsel, BRIPDA, Offtaker, DPM/DPA Kalsel, Perbankan, KADIN, HIPMI, IWAPI, KTNA, HKTI, APJI, Hotel Aston Banua, Pihak Industri Swasta, Financial Advisor, Fasilitator, dan Penerima Manfaat.

BACA JUGA :  Kepala Bappedalitbang Banjar Ikuti Webinar Pemilu 2024

Ikhwansyah menekankan pentingnya kerjasama dalam sektor pertanian, yang menyumbang pendapatan tertinggi kedua di Kabupaten Banjar, yaitu sebesar 18,87%. Dia menyatakan bahwa sektor pertanian dapat menjadi lapangan kerja yang menarik dan berdampak pada penurunan tingkat kemiskinan.

Budi Santoso menyampaikan dua kunci utama dalam pelaksanaan Program YESS Kementan. Pertama, program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pemuda di pedesaan melalui pendidikan dan pelatihan untuk menjadi agen pembangunan pertanian. Kedua, sasaran dari Program YESS adalah pemuda/i harus memiliki jiwa kewirausahaan dari hulu sampai hilir.

Siti Hamidah, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Banjar, memberikan materi tentang “Dukungan Kebijakan Pemerintah Kabupaten Banjar terhadap Program YESS”. Dia menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Banjar memberikan dukungan kebijakan atau peraturan yang mendukung partisipasi pemuda, terutama dalam manajemen bisnis dan pengembangan SDM di bidang pertanian.

BACA JUGA :  Harmonisasi Pembangunan: Asistensi Renja 2025 oleh Bappedalitbang Kabupaten Banjar

Kencana Wati, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan, juga menyampaikan dukungannya terhadap Program YESS, khususnya terkait offtaker atau pasar/perusahaan ritel komoditas pertanian atau peternakan seperti itik.

DMSF II bertujuan untuk menyampaikan capaian dan evaluasi Program YESS serta informasi rencana kegiatan pelaksanaan tahun 2023. Forum ini juga menjadi wadah untuk saling mendukung, menyumbangkan ide, dan berkolaborasi dalam mendukung Program YESS untuk masyarakat Banjar. (Bappedalitbang/Headline9)

Baca Juga