Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Avanza Tertimpa Pohon di Martapura, Kerugian Ditaksir Puluhan Juta –…

Avanza Tertimpa Pohon di Martapura, Kerugian Ditaksir Puluhan Juta – DPRKPLH Banjar Lakukan Kajian

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit
POHON TUMBANG : Menimpa salah unit mobil jenis Toyota Avanza, Jumat (19/1/2024) sore. Beruntung, musibah ini tak memakan korban. Namun, ditaksir kerugian capai jutaan rupiah. (Foto: Ist/DPKP Banjar)


Headline9.com, MARTAPURA – Satu unit mobil Toyota Avanza yang terparkir dibahu jalan tertimpa pohon besar, Jumat 19 Januari 2024 lalu. Insiden ini terjadi di Jalan Ahmad Yani, Kilometer (KM) 41, depan Masjid Al Karomah, Kelurahan Pesayangan, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar.

Insiden ini sempat menyebabkan arus lalu lintas terganggu (macet) 30 menit lamanya (pukul 15.00 – 15.30 Wita). Yang kala itu, petugas Dinas Damkar dan Penyelamatan (DKPP) Kabupaten Banjar sedang berjibaku menanggulangi pohon tumbang yang menimpa satu unit mobil tersebut. Beruntung atas kejadian ini tak memakan korban jiwa.

Mobil yang terkena musibah itu milik Jalaluddin. Kala itu dirinya bersama keluarga sedang menikmati makan siang di sebuah warung. Namun, tak selang lama, mereka mendengar teriakan orang kalau ada mobil yang tertimpa pohon.

“Kami kira tak kenapa-kenapa saat memarkir di lokasi itu. Di lokasi juga tak ada hujan dan angin, namun ada yang berteriak mobil warna putih ditimpa pohon. Jelas, saya langsung berlari memang benar itu mobil kami,” ujarnya.

Jaluddin menjelaskan, kondisi mobilnya penyok pada bagian atas dan merembet ke pintu belakang. Ia memperkirakan kerugian atas kejadian ini ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Dikonfirmasi awak media ini, Sabtu (20/1/2024) siang, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar, Ahmad Bayhaqie, mengungkapkan, atas kerugian hal tersebut pihaknya akan dikaji terlebih dahulu dengan sejumlah instansi terkait baik itu BPBD dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banjar.

“Identifikasi dan menginventarisasi pohon sudah dilakukan. Sepanjang jalan protokol Ahmad Yani, ada sekitar 438 pohon dan akan dilakukan peremajaan kembali,” ungkapnya.

Tahap pertama, kata dia, sebanyak 18 titik pohon masuk dalam penebangan atau pemangkasan usai identifikasi yang dilakukan pihaknya.

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nasrullah

BACA JUGA :  Tiga Instansi Lingkup Banjar Terima Penghargaan Sakip

Baca Juga