Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Haul ke-218 Datu Kelampayan Dihadiri Puluhan Ribu Jemaah

Haul ke-218 Datu Kelampayan Dihadiri Puluhan Ribu Jemaah

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Ribuan jemaah dari berbagai daerah menghadiri acara puncak Haul ke-218 Jaddina Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari, Senin (15/4/2024) siang. Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Jami Tuhfaturroghin, Desa Dalam Pagar Ulu, Martapura Timur, Kabupaten Banjar.

Sebelum gelaran dimulainya haul ulama karismatik yang dikenal dengan Datu Kelampayan itu, sempat terjadi hujan deras mengguyur Kabupaten Banjar pada pukul 06.00 Wita – 09.00 Wita. Akan tetapi, kondisi ini ternyata tak menyurutkan antusias jemaah untuk tetap berhadir ditengah-tengah momen yang hanya ditemui satu tahun sekali tersebut.

Acara ini diawali dengan pembacaan syair Maulid Habsyi dan ayat suci Al Quran. Dari sini pula jemaah nampak kusuk mengikuti serangkaian acara haul Datuk Kelampayan. Tak lupa, juga dibacakan manakib (sejarah perjalanan) singkat sang penulis kitab Sabilal Muhtadin ini oleh Guru KH Wildan Salman.

BACA JUGA :  Banjir, 15.506 Rumah Terendam Ratusan Warga Mengungsi di Kabupaten Banjar

Salah satu jemaah, Hj Fauziah, mengaku, takjub dengan kehadiran jemaah yang jumlahnya tak terhingga itu. Jemaah yang berasal dari Banjarmasin itu pun membeberkan, bahwa kedatangan tahun ini jauh meningkatkan dibandingkan tahun lalu.

“Tapi, Syukur Alhamdulillah, rombongan kami masih bisa masuk ke kawasan pusat kegiatan haul,” ungkapnya kepada awak media.

Berdasarkan data yang dihimpun koordinator lapangan (korlap), jumlah jemaah yang datang ke acara puncak Haul ke 218 Datu Kelampayan diperkirakan mencapai puluhan ribu. Itu mengacu pada jumlah kantong parkir yang disediakan di Desa Teluk Selong, dan Desa Akar Baru, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar.

BACA JUGA :  Kabupaten Banjar Siap Kembangkan Smart City 2019

“Jumlah yang datang sekitar 25.000 orang. Kedatangan jemaah sampai memadati ruas jalan utama,” ungkap Kasi Humas Polres Banjar, AKP Suwarji, saat bertugas di posko induk.

Seraya diungkapkan mantan Gubernur Kalsel periode 2005 – 2015, Rudy Ariffin. Ia berkata, “Alhamdulillah pelaksanaan haul Datu Kalampayan berjalan dengan lancar, dan jumlah jemaah yang berhadir terus bertambah banyak,” singkatnya.

Reporter : Riswan Surya | Editor : Nashrullah

Baca Juga