Categories: Banjarbaru

Cegah Korupsi, Banjarbaru Raih Penghargaan MCP KPK Tertinggi di Kalsel

Headline9.com, BANJARBARU – Pemerintah Kota Banjarbaru kembali menunjukkan komitmennya dalam pencegahan korupsi melalui Rapat Koordinasi (Rakor) dan Pemantauan Program yang digelar di Aula Gawi Sabarataan, Kamis (30/05/2024).

Rakor ini menghadirkan narasumber dari Direktorat Koordinasi dan Supervisi Wilayah III Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, yakni Analis Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Madya, Yuli Kamalia.

Pada tahun 2023, Pemerintah Kota Banjarbaru berhasil meraih penghargaan tertinggi dalam Monitoring Center for Prevention (MCP) dari KPK. Kota Banjarbaru menduduki peringkat pertama dengan peningkatan yang sangat signifikan di Kalimantan Selatan, mencapai nilai 90,94 yang masuk kategori hijau. Penilaian MCP mencakup perbaikan sistem melalui survei penilaian integritas dan survei indeks persepsi anti korupsi.

Wali Kota Banjarbaru, H. M. Aditya Mufti Ariffin, menyampaikan bahwa monitoring, pendampingan, dan pengawasan dari KPK RI sangat membantu dalam menjalankan pemerintahan yang bersih di Kota Banjarbaru.

“Tentunya harapan kita adalah pemerintahan yang bersih dan terkelola dengan baik agar bisa menekan korupsi di Kota Banjarbaru, yang ujungnya untuk kesejahteraan masyarakat. Kami sangat bersyukur atas penghargaan ini,” ujarnya.

Wali Kota Aditya juga menekankan pentingnya mempertahankan dan meningkatkan capaian ini agar Banjarbaru terbebas dari korupsi.

“Ada beberapa sektor yang menjadi perhatian KPK, yaitu tata kelola ASN agar tidak ada jual beli jabatan, tata kelola perizinan yang sudah kita sampaikan dapat dilakukan secara online melalui MPP Digital yang diawasi langsung oleh KPK, serta tata kelola barang dan jasa yang menggunakan e-katalog,” jelasnya.

Penghargaan MCP tertinggi di Kalimantan Selatan ini menunjukkan keseriusan dan kerja keras Pemerintah Kota Banjarbaru dalam menerapkan prinsip-prinsip good governance.

Rapat koordinasi dan pemantauan program pencegahan korupsi di Pemerintah Kota Banjarbaru ini menegaskan komitmen kuat untuk menjaga integritas, transparansi, dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan demi kesejahteraan masyarakat di ibu kota provinsi Kalimantan Selatan.

lintang

Recent Posts

Tangkal Hoax, Jurnalis dan Diskominfo Sambangi Pemkab Semarang

Headline9.com, SEMARANG - Puluhan jurnalis ikut serta dalam rangkaian press tour yang diselanggarakan Dinas Komunikasi… Read More

5 hari ago

Pjs Bupati HST Ucapkan Terima Kasih ke Fraksi DPRD, Raperda APBD 2025 Minta Dipertajam

Headline9.com, BARABAI - Pjs Bupati HST H Faried Fakhmansyah menginginkan APBD 2025 dipertajam dalam pembahasan… Read More

5 hari ago

Digelaran Paripurna, Pjs Bupati HST Sampaikan Raperda APBD 2025

Headline9.com, BARABAI- Pjs Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Faried Fakhmansyah sampaikan Raperda APBD 2025… Read More

5 hari ago

Lima Fraksi Sampaikan Pandangannya Terkait Raperda Pembentukan Dan Susunan Perangkat Daerah

Headline9.com,  BATULICIN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar Rapat Paripurna… Read More

1 minggu ago

Balangan Perkuat Infrastruktur Demi Ketahanan Pangan yang Berkelanjutan

Headline9.com, PARINGIN - Ketahanan pangan menjadi perhatian serius di seluruh dunia, terutama pasca pandemi COVID-19… Read More

1 minggu ago

Terpencil dan Memesona, Air Terjun Sidando Berpotensi Jadi Destinasi Wisata Unggulan di Balangan

Headline9.com, PARINGIN - Air Terjun Sidando di Desa Puyun, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan,… Read More

1 minggu ago

This website uses cookies.