Categories: Featured

Kisah Pilu Guru Honorer di Sambung Makmur: Gaji Rp500 Ribu Tertunggak Enam Bulan

Headline9.com, MARTAPURA – Di balik besarnya gaung pendidikan di Kabupaten Banjar, terdapat kisah pilu para guru honorer yang masih menunggu pembayaran gaji mereka selama enam bulan terakhir. Wilayah Kecamatan Sambung Makmur menjadi saksi bisu dari kenyataan pahit ini, di mana belasan tahun pengabdiannya sebagai tenaga pendidik tak mampu menjamin kesejahteraan mereka.

Dilaporkan oleh sejumlah guru honorer, gaji yang seharusnya mereka terima dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) belum juga dibayarkan. Mereka hanya mengandalkan upah sebesar Rp500 ribu per bulan, yang kini tertunggak selama enam bulan berturut-turut. Kondisi ini menimbulkan pertanyaan besar terkait manajemen alokasi dana dan tanggung jawab pihak sekolah.

Surat kaleng yang ditujukan kepada Komisi IV DPRD Kabupaten Banjar pada Kamis (13/6/2024) mengungkapkan kegelisahan masyarakat atas masalah ini. Gusti Abdurrachman, Ketua Komisi IV DPRD Banjar, mengkonfirmasi penerimaan laporan ini serta kesediaannya untuk menindaklanjuti.

“Iya, kami menerima laporan terkait masalah ini dari masyarakat di Kecamatan Sambung Makmur. Beberapa guru honorer telah mengabdi selama bertahun-tahun namun masih menghadapi persoalan gaji yang tertunggak selama enam bulan,” ujarnya kepada awak media.

Menurut isi surat tersebut, kepala sekolah di wilayah tersebut juga dikritik karena sikapnya yang dianggap arogan dan sewenang-wenang terhadap guru-guru honorer.

“Dalam laporan, kepala sekolah diduga melakukan tindakan yang merugikan dan tidak sensitif terhadap nasib guru honorer di sekolahnya. Kami akan melakukan klarifikasi baik dengan kepala sekolah maupun dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Banjar terkait masalah ini,” tambahnya.

Gusti Abdurrachman, politisi senior dari Fraksi Partai Golkar yang siap mencalonkan diri pada Pilkada 2024, mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi ini di tanah kelahiran Bupati Banjar H Saidi Mansyur.

“Kami menyayangkan adanya laporan mengenai guru yang tidak aktif mengajar namun tetap menerima gaji. Ini merupakan penggunaan uang negara yang tidak bertanggung jawab dan harus segera diklarifikasi,” tegasnya.

Surat kaleng ini juga mempertanyakan efektivitas pengawasan dari Disdik Kabupaten Banjar dalam menangani persoalan ini.

“Kami melihat bahwa pengawasan dari Disdik setempat terhadap kasus ini terlihat kurang efektif,” ungkapnya.

Selain itu, ada kekhawatiran bahwa para guru honorer di sekolah tersebut tidak mendapatkan informasi terkait peluang pendaftaran sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Biasanya informasi seperti ini disampaikan melalui koordinator wilayah untuk kemudian disampaikan kepada sekolah-sekolah. Kami akan mengevaluasi proses komunikasi dan informasi ini,” tutup Gusti Abdurrachman.

Reporter: Riswan Surya
Editor: Nashrullah

Headline

Recent Posts

Tangkal Hoax, Jurnalis dan Diskominfo Sambangi Pemkab Semarang

Headline9.com, SEMARANG - Puluhan jurnalis ikut serta dalam rangkaian press tour yang diselanggarakan Dinas Komunikasi… Read More

6 hari ago

Pjs Bupati HST Ucapkan Terima Kasih ke Fraksi DPRD, Raperda APBD 2025 Minta Dipertajam

Headline9.com, BARABAI - Pjs Bupati HST H Faried Fakhmansyah menginginkan APBD 2025 dipertajam dalam pembahasan… Read More

6 hari ago

Digelaran Paripurna, Pjs Bupati HST Sampaikan Raperda APBD 2025

Headline9.com, BARABAI- Pjs Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Faried Fakhmansyah sampaikan Raperda APBD 2025… Read More

6 hari ago

Lima Fraksi Sampaikan Pandangannya Terkait Raperda Pembentukan Dan Susunan Perangkat Daerah

Headline9.com,  BATULICIN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar Rapat Paripurna… Read More

1 minggu ago

Balangan Perkuat Infrastruktur Demi Ketahanan Pangan yang Berkelanjutan

Headline9.com, PARINGIN - Ketahanan pangan menjadi perhatian serius di seluruh dunia, terutama pasca pandemi COVID-19… Read More

1 minggu ago

Terpencil dan Memesona, Air Terjun Sidando Berpotensi Jadi Destinasi Wisata Unggulan di Balangan

Headline9.com, PARINGIN - Air Terjun Sidando di Desa Puyun, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan,… Read More

1 minggu ago

This website uses cookies.