Categories: Kalsel

Menunggu Persetujuan Kemenpan RB, Pemprov Kalsel Usulkan 1.000 PPPK Untuk Guru

Headline9.com, BANJARBARU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan usulkan ribuan tenaga honorer untuk dilibatkan dalam seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Kabid Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalsel, Fahrudinoor, mengungkapkan, kouta yang diusulkan pihaknya sebanyak 1.000 orang. Pengusulan tersebut pun sepenuhnya juga sudah diserahkan ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalsel.

“Total honorer kita sekitar 1.571 orang  terdiri dari guru dan tenaga kependidikan. Nah, pada Februari lalu kami mengusulkan sekitar 275 orang. Lalu dilaksanakan lagi rapat dan hasilnya bisa ditambah menjadi 1.000 orang,” ujarnya, Kamis (20/6/2024).

Perubahan ini juga berdasarkan atas usulan dari sejumlah kepala sekolah (kepsek). Di mana, tenaga honorer yang mengajar di SMA, SMK, dan SLB rata-rata masa kerjanya di atas satu tahun bahkan lebih. Ini dibuktikan dengan Surat Keputusan (SK) yang diterima mereka (honorer) selama masih bekerja.

“Usulan ini juga sudah kita teruskan ke Kemendikbudristek RI. Tinggal nanti BKD Kalsel yang mengatur realisasinya, mekanisme dan pemilahan tetap ada pada mereka,” ungkap dia.

Dia berharap, total 1.000 PPPK yang diusulkan bisa terpenuhi tahun ini. Mengingat, jumlah yang belum mendapat bagian masih sekitar 571 orang.

“Kita menyesuaikan anggaran APBD. Tak hanya guru, kita juga memerlukan saat ini adalah arsiparis (pustakawan) dan operator sekolah. Karena, kebanyakan kan guru juga ada yang merangkap sebagai operator jadi bila ini terealisasi maka operator khusus. Jadi, kita harapkan tahun ini sudah ada PPPK yang mengisi disetiap sekolah,” bebernya.

Kabid Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi Kepegawaian pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalsel, Mashudi, mengungkapkan, pihaknya sudah menyampaikan usulan itu ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Birokrasi dan Reformasi (Menpan RB) serta Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia (BKN RI).

“Usulan 1.000 PPPK untuk guru dan fungsional itu hanya tinggal menunggu persetujuan saja lagi dari Kemenpan RB dan sudah disampaikan pada 29 April kemarin. Menurut kabar paling cepat informasinya akan kami terima akhir Juni ini atau Juli 2024. Setelah itu kita buka pendaftaran secara online,” ucapnya.

Mekanismenya, tutur Mashudi, tetap melakukan sistem Computer Asissted Test (CAT) dan ada dua lokasi yang menjadi tempat kegiatan. “Yakni di Poltekes Kemenkes Banjarmasin dan Kantor Regional VIII BKN yang sama-sama ada di Banjarbaru. Pelaksanaan tes bakal dilaksanakan tahun ini,” bebernya.

Sementara untuk persyaratan tes, honorer tersebut minimal memiliki lama masa kerja dua tahun atau lebih. “Tapi rata-rata memang lebih dari itu, makanya mereka masuk jalur pendaftar khusus dan itu disesuaikan lagi dengan linearnya,” tukas dia.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalsel jumlah yang sudah diangkat PPPK sebanyak 1.891 orang. Rinciannya SMA sebanyak 930 orang, SMK sekitar 734 orang, dan sekolah khusus atau SLB sebanyak 277 orang.

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nashrullah

lintang

Recent Posts

HST Terima Tiga Kategori Penghargaan dari Kemendikbud Ristek, Aulia: Iklim Pendidikan di Bumi Murakarta Sangat Bagus

Headline9.com, BARABAI- Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) diganjar tiga kategori penghargaan oleh Kementerian Pendidikan… Read More

33 menit ago

Lisa Halaby Dapat Restu Warga Komplek Bumi Cahaya Bintang untuk Pilkada Banjarbaru 2024

Headline9.com, BANJARBARU – Bakal calon Wali Kota Banjarbaru 2024, Hj Erna Lisa Halaby, atau yang… Read More

13 jam ago

Baliho ELH Tersebar, Relawan Merapat

Headline9.com, BANJARBARU - Strategi menyebar ratusan baliho Erna Lisa Halaby (ELH) hingga ke pelosok wilayah… Read More

13 jam ago

Head Departement CSR PT BIB Silvyna Aditya Tutup Pelatihan Berbasis Kompetensi Menjahit

Headline9.com, BATULICIN - Management PT Borneo Indobara (BIB) Silvyna Adiya selaku Head Departemen CSR PT… Read More

1 hari ago

Bupati HST Dilantik Jadi Ketua Mabicab HST, Aulia: Ajak Seluruh Pengurus Bersinergi Membangun Banua

Headline9.com, BARABAI - Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Aulia Oktafiandi, resmi dilantik sebagai Ketua… Read More

1 hari ago

Penggunaan Anggaran Stunting 2023 di Kabupaten Banjar Dinilai Legislatif Tak Tepat Sasaran

Headline9.com, MARTAPURA - Legislatif di Kabupaten Banjar menyoroti penggunaan anggaran pencegahan dan penanganan stunting (stunting)… Read More

2 hari ago

This website uses cookies.