Categories: Balangan

kepala Disdikbud Balangan Buka Festival Musik Panting dan Lomba Kesenian

Headline9.com, BALANGAN – Dalam Rangka Pelaksanaan agenda kerja Dewan kesenian Balangan (DKB) tahun 2024, Dewan Kesenian Kabupaten Balangan menggelar Festival musik Panting se-Banua enam serta lomba melukis dan kaligrafi, di taman Sanggam Balangan, Kecamatan Paringin, Sabtu (3/8/2024).

Adapun lomba festival musik panting ini di ikuti beberapa group yaitu, Tatabuhan Anak Banua, Hulu Sungai Selatan, Sanggar Campala Riza, Barikin, SBA Projek, Balangan, Sanggar Payung Kambang, MTSN 2 Amuntai, Tutus Junior, Hulu Sungai Tengah, Banua Sanggam Symspony, Balangan.

Dan untuk lomba melukis dan lukis kaligrafi khusus untuk Kabupaten Balangan.

Kegiatan ini dibuka oleh, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Balangan, Abiji, dengan diawali pemukulan gong.

Ditemui disela kegiatan, Abiji mengatakan nantinya Festival musik panting ini akan menjadi agenda Dewan Kesenian Balangan untuk memajukan dan melestarikan budaya lokal di kabupaten Balangan.

“Festival Musik Panting ini sudah kami programkan menjadi agenda tahunan, karena ini suatu usaha kita dalam rangka melestarikan budaya lokal kita di Balangan,” katanya.

Abiji, menambahkan perlu diketahui peserta ini bukan hanya dari Balangan sesuai visi misi Bupati beliau menginginkan bahwa bagaimana kita mengundang warga luar Balangan bisa ke Balangan mungkin ini salah satunya dibidang kesenian, oleh karena itu kami berterimakasih pada panitia dan Pemerintah Kabupaten Balangan yang telah melaksanakan kegiatan ini.

Abiji, mengharapkan event seperti ini kedepannya lebih meriah lagi dan akan lebih baik lagi.

“Harapan kita ini yang pertama jadi kita evaluasi bagaimana kedepannya apakah lebih bisa lebih baik lagi, kami yakin apabila nantinya kita jadikan agenda event tahunan akan lebih rami lagi,” harapnya.

Senada dengan hal itu, Ketua Dewan Kesenian Balangan, M Fahmi Wahid, mengatakan adanya kegiatan lomba melukis, kaligrafi dan musik panting memberikan motivasi masyarakat khususunya di Kabupaten Balangan untuk mengangkat nilai-nilai tradisi di bidang seni.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan lomba melukis, kaligrafi dan musik panting ini akan memberikan motivasi masyarakat dan group-group yang ada di Balangan untuk bisa mengangkat nilai-nilai tradisi kita ini termasuk seni rupa yang ada di Banua Sanggam ini,” katanya.

Fahmi Wahid , juga menambahkan peserta dari HST, HSU, HSS dan Balangan, minusnya Kabupaten Tabalong dan Tapin, untuk lomba melukis dan kontempoler itu di ikuti khusus Kabupaten Balangan kategori pelajar dan umum serta untuk panting group itu untuk se-banua enam.

Fahmi Wahid, mengharapakan apa yang diharapkan Bupati Balangan, event festival musik panting dan seni rupa lukis ini lebih menigkat lagi dan naik lagi ke tingkat nasional, sehingga kualitas Banua Sanggam dan Banua enam di bidang kesenian lebih baik lagi dan maju lagi.

“Seperti yang diharapkan Bupati dan Dinas yang menengani event ini kita jadikan event tahunan sehingga kualitas kita Banua Sanggam dan banua enam untuk tradisi musik panting dan seni rupa lukis lebih meningkat dan naik lagi ke tingkat nasional,” harapnya.

Diketahui untuk pemenang lomba festival musik panting ini, untuk juara pertama dari Tatabuhan Anak Banua Hulu Sungai Selatan, kedua dari Sanggar Campala Riza Barikin, dan Juara ketiga diraih SBA Projek Balangan.

lintang

Recent Posts

Tangkal Hoax, Jurnalis dan Diskominfo Sambangi Pemkab Semarang

Headline9.com, SEMARANG - Puluhan jurnalis ikut serta dalam rangkaian press tour yang diselanggarakan Dinas Komunikasi… Read More

6 hari ago

Pjs Bupati HST Ucapkan Terima Kasih ke Fraksi DPRD, Raperda APBD 2025 Minta Dipertajam

Headline9.com, BARABAI - Pjs Bupati HST H Faried Fakhmansyah menginginkan APBD 2025 dipertajam dalam pembahasan… Read More

6 hari ago

Digelaran Paripurna, Pjs Bupati HST Sampaikan Raperda APBD 2025

Headline9.com, BARABAI- Pjs Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Faried Fakhmansyah sampaikan Raperda APBD 2025… Read More

6 hari ago

Lima Fraksi Sampaikan Pandangannya Terkait Raperda Pembentukan Dan Susunan Perangkat Daerah

Headline9.com,  BATULICIN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar Rapat Paripurna… Read More

1 minggu ago

Balangan Perkuat Infrastruktur Demi Ketahanan Pangan yang Berkelanjutan

Headline9.com, PARINGIN - Ketahanan pangan menjadi perhatian serius di seluruh dunia, terutama pasca pandemi COVID-19… Read More

1 minggu ago

Terpencil dan Memesona, Air Terjun Sidando Berpotensi Jadi Destinasi Wisata Unggulan di Balangan

Headline9.com, PARINGIN - Air Terjun Sidando di Desa Puyun, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan,… Read More

1 minggu ago

This website uses cookies.