1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Diskominfo Tanbu Berikan Ajaran Dasar Tentang Produksi Siaran Lokal Bagi…

Diskominfo Tanbu Berikan Ajaran Dasar Tentang Produksi Siaran Lokal Bagi SMKN 2 Simpang Empat 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com,  BATULICIN – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfosp) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), memberikan ajaran dasar tentang Produksi dan Siaran Program Televisi, kepada siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negri (SMKN) 2 Simpang Empat yang di gelar di Ruang Studio Foto TEFA Broadcasting dan perfilman, Senin (2/9/2024).

Tujuan kegiatan tersebut tidak lain adalah bersosialisasi secara langsung, berdiskusi dengan para pelajar, serta memberikan wawasan dasar tentang Produksi dan Siaran Program Televisi.

Sasaran pembelajaran adalah pelajar SMKN 2 Simpang Empat, khususnya Kelas X dengan jumlah siswa kurang lebih 33 pelajar aktif.

Adapun narasumber, berasal dari Diskominfosp Bidang Informasi dan Komunikasi publik (IKP) Tanbu Komsatun Sadiah.

Pemberian materi meliputi pelajaran terkait, profesi kerja dalam industri broadcasting dan perfilman.

Sedangkan peluang pasar dan usaha, Indonesia merupakan negara yang kaya dengan profesi budaya dan kearifan lokal, kekhasan dan keunggulan Indonesia yang demikian adalah protensi besar dalam mengembangkan kreativitas dan bentuk peluang usaha baru dalam industri broadcasting dan film.

BACA JUGA :  BPKAD Terjunkan Tim Inventarisasi 5.200 Aset Tanbu

Peluang usaha ini bukan hanya mendatangkan keuntungan namun bagaimana peluang itu inovatif dan kreatif. 

Pentingnya pelajaran ini juga menjelaskan tentang pengaruh dari perkembangan teknologi masa kini dengan trobosan yang lebih berdampak positif.

Sosial media sekarang ini, menjadi peluang besar untuk unjuk keahlian, sehingga bisa menjadi wadah pengembangan diri maupun potensi yang di miliki seseorang, yang mana hampir semua individu sebagai konsumen dan pengguna media itu sendiri.

Kepala Sekolah SMKN 2 Simpang Empat, Ika Yuliana di wakili Kepala Prodi Konsentrasi Keahlian Produksi Siaran Program Televisi (PSPT). M. Shalehuddin Al- Ayyubi, menerangkan jika penbelajaran ini berguna bagi pelajar.

BACA JUGA :  Ambo Sakka Buka Diklat Paskibraka Tanbu

Materi yang di sampaikan merupakan part (bagian) dari pencapaian pembelajaran bagi jurusan PSPT yang mengacu pada Kurikulum Merdeka Belajar.

Strategi pembelajaran yang tepat akan membantu para pelajar untuk menentukan arah masa depannya, sebagai tenaga pendidik profesional, pihaknya bertugas mengarahkan pelajar dengan memberikan wadah dalam menunjang bakat maupun ilmu pengetahuan.

“Kegiatan ini tentunya di harapkan mampu meningkatkan minat pelajar, menggali potensi, membantu berfokus dalam mengasah skill maupun menentukan profesi yang ingin di guleti ke depan,” ungkapnya

Baginya, Pembekalan (output) bagi pelajar ini sangatlah penting, setelah kelulusan dari SMKN 2 Simpang Empat nanti, para pelajar dapat mengambil langkah lanjutan, yakni memilih kuliah ataupun langsung bekerja, hal tersebut tentunya harus lebih awal di siapkan. (MHL)

Baca Juga