1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Pembagian Seragam Linmas di Paramasan dan Aluhaluh Kurang dan Tak…

Pembagian Seragam Linmas di Paramasan dan Aluhaluh Kurang dan Tak Sesuai Perencanaan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Seragam yang dibagikan untuk anggota Satuan Pelindung Masyarakat (Satlinmas) di Kecamatan Paramasan dan Aluhaluh, Kabupaten banjar, jumlahnya tidak sesuai.

Berdasarkan data yang dihimpun headline9.com, jumlah penerima seragam baru sesuai dengan Permendagri Nomor 11 Tahun 2023 untuk Kecamatan Paramasan hanya 36 set dari 4 desa.

Camat Paramasan, M Farid mengakui dari empat desa itu tak semua yang menerima 10 seragam. Bahkan, saat ditanya jumlah RT pun ia tak hapal.

“Ada yang menerima 10 set seragam dan ada 8 set. Kalau jumlah RT dalam satu desa saya tidak hapal, silahkan konfirmasi ke Kasi Trantib untuk menyamakan data,” ucapnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (6/9/2024) sore.

Saat dikonfirmasi, Kasi Ketentraman dan Ketertiban (Trantib) Kecamatan Paramasan, Irfan Faris menegaskan jika anggota Linmas di tiap desa di Paramasan jumlahnya itu beda-beda.

“Yang menerima 10 set seragam Satlinmas itu di Desa Paramasan Bawah dan Desa Angkipih. Sedangkan yang 8 set seragam itu di Desa Paramasan Atas dan Desa Remo,” bebernya kepada media ini.

BACA JUGA :  Tindak Tegas Ilegal BBM, Direktorat Polairud Polda Kalsel Mendapatkan Penghargaan

Ditanya juga berapa RT setiap desa sehingga ada perbedaan jumlah pembagian seragam? Dirinya berkata,”Kalau soal itu, saya tidak tahu,” ucap dia.

Kondisi ini juga terjadi di Kecamatan Aluhaluh, Kabupaten Banjar, yang juga tak sampai menerima 10 set seragam lengkap Satlinmas. “Ada satu desa yang menerima 11 set seragam karena luas wilayah dan jumlah RT yang dimiliki. Tapi selebihnya hanya ada mendapatkan 6 – 7 set seragam,” beber seorang sumber dari kecamatan tersebut yang enggan nama dan identitasnya disebutkan di media ini.

Diketahui, dari anggaran pengadaan proyek senilai Rp5,1 miliar lebih ini digelontorkan untuk 2.950 set seragam anggota Satlinmas. Berdasarkan informasi dan data yang diperoleh, CV Jodion Unggul Perkasa sebagai pihak penyedia (ketiga) secara kuantitas pengadaan seragam tidak sesuai. Dari data packing list perusahaan berlamat di Sleman, Yogyakarta, seragam Satuan Pelindung Masyarakat (Satlinmas) siap kirim ini hanya diterima sebanyak 2.681 set tertanggal pengiriman pada 24 Juni 2024 lalu.

BACA JUGA :  Terkendala Akses, Bidang Bina Marga Minta Warga Untuk Bersabar.

Alhasil pembagian untuk tiap desa/kelurahan tak sama. Padahal sesuai perencanaan, satu desa/kelurahan menerima 10 set seragam lapangan. Jika dihitung kembali, kekurangannya masih berkisar 269 set seragam (PDL) Linmas dan itu tak sesuai dengan surat pesanan Nomor: 01/PPK_KATALOG-PAKAIAN/2024 tanggal 25 April 2024 sebanyak 2.950 stel dengan harga satuannya sebesar Rp1.744.000. Sementara, total seluruh pesanan PDL senilai Rp5.144.800.000.

Untuk alamat barang yang dikirim ditujukan di kantor Satpol PP Kabupaten Banjar, di Jalan Pangeran Hidayatullah No. 5 Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Hingga 7 Agustus 2024, dilakukan penyerahan seragam PDL Satlinmas bertepatan digelarnya apel Gelar Pasukan Satlinmas se- Kabupaten Banjar di RTH Ratu Zalecha.

Reporter : Riswan | Editor: Nasrullah

Baca Juga