Categories: Tanah Bumbu

Disdukcapil Tanbu Kembali Lahirkan Inovasi Adopsi Tekhnologi

Headline9.com, BATULICIN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) terus berinovasi guna memberikan pelayanan yang prima kepada masayarakat, kali ini kembali melahirkan layanan online atau going digital.

Pentingnya adopsi tekhnologi ini karena tuntutan zaman yang serba modern yang harus diikuti untuk tidak ketinggalan dalam melayani masyarakat secara cepat dan tepat.

Kepala Dinas Dukcapil Tanbu, Gento Hariyadi mengatakan, saat ini pelayanan Dukcapil, jauh berbeda dengan puluhan tahun lalu.

“Tuntutan perkembangan zaman ini, harus kita ikuti, perangkat Desa juga harus belajar teknologi, hampir semua pelayanan data terproses dalam sistem digital, namun kita tetep melayani bagi yang ingin melakukan pendataan diri secara manual,” terangnya, di Kantor Desa Hidayah Makmur Kecamatan Simpang Empat, rabu (4/9/2024).

Disdukcapil Tanbu Optimalisasi Pemuktahiran Data Kependudukan

Dewasa ini, semua orang menjadi konsumen sosial digital dalam kesehariannya, Dukcapil melakukan pelayanan secara mudah dan flaksibel.

Di era yang serba digital ini, dengan tujuan memudahkan kebutuhan masayarakat, Pemerintah mendorong reformasi kependudukan.

Di antaranya, manfaat dari adopsi Identitas Kependudukan Digital (IKD) yakni mengurangi birokrasi, menghindari kehilangan atau kerusakan kartu identitas fisik, serta meningkatkan keamanan dan keandalan data penduduk.

Identitas kependudukan digital mempunyai nilai yang sangat penting, transparansi dalam administrasi pemerintahan akan meningkat, meminimalisir potensi praktik korupsi dan kecurangan.

Dengan adopsi Identitas Kependudukan Digital, kehidupan masyarakat akan semakin terhubung dan terdigitalisasi. (MHL)

lintang

Recent Posts

20 September Nanti, KPU Kabupaten Banjar Tetapkan Daftar Pemilih Tetap

Headline9.com, MARTAPURA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar bakal menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT)… Read More

10 jam ago

Satukan Pemikiran, Fakultas Kehutanan Gelar Seminar Nasional Terkait Aksi Mitigasi Perubahan Iklim Berbasis FOLU

Headline9.com, BANJARBARU - Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat menggelar seminar nasional, di salah satu hotel… Read More

2 hari ago

Duet LIWAR Fokus Wujudkan Banjarbaru Bersosial dan Berbudaya

Headline9.com, BANJARBARU – Pasangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarbaru, Lisa Halaby… Read More

2 hari ago

Kadinsos P3AP2KB Jalani Proses Pemeriksaan Aduan Disiplin ASN, BKPSDM Banjar: Ini Masih Tahap Awal

Headline9.com, MARTAPURA - Kadinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar Dian Marliana dibebastugaskan sementara dan dipastikan tengah menjalani… Read More

2 hari ago

Rakoor Pengelolaan Sampah Desa, DLH Tanbu Inginkan TPS3R Terbangun Ditiap Desa

Headline9.com,  BATULICIN - Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) gelar rapat Koordinasi Optimalisasi… Read More

3 hari ago

Program ‘One District One Product’ LIWAR Dorong UMKM Banjarbaru Mendunia

Headline9.com, BANJARBARU – Pasangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarbaru, Lisa Halaby… Read More

3 hari ago

This website uses cookies.