1. Home
  2. »
  3. Kalsel
  4. »
  5. Satukan Pemikiran, Fakultas Kehutanan Gelar Seminar Nasional Terkait Aksi Mitigasi…

Satukan Pemikiran, Fakultas Kehutanan Gelar Seminar Nasional Terkait Aksi Mitigasi Perubahan Iklim Berbasis FOLU

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU – Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat menggelar seminar nasional, di salah satu hotel berbintang di Banjarbaru, Rabu (8/9/2024).

Sinergitas Para Pihak Dalam Aksi Mitigasi Perubahan Iklim Berbasis Forestry And Other Land Use (Folu) di Indonesia menjadi tema pada kegiatan tersebut.

Ketua Panitia Seminar Nasional Ir Mahrus Aryadi mengungkapkan dengan adanya acara ini dapat memperkuat sinerginitas dengan sejumlah stakeholder pemangku kepentingan dalam memitigasi perubahan iklim yang tengah dihadapi bersama.

“Kenapa kita inginkan ada sinerginitas, karena selama ini kita lihat para pihak berjalan sendiri-sendiri. Nah, dengan adanya seminar ini kita menyatukan pemikiran bersama-sama penurunkan perubahan iklim jangan sampai naik terlalu tinggi,” ungkapnya kepada awak media.

BACA JUGA :  Alumni Akpol Gelar Baksos Peduli Covid-19

Maka dari itu, menurutnya, perlu peran berbagai pihak. “Baik itu Akademisi, Birokrat, dan penggiat lapangan atau praktisi. Dari pengamatan kami saat ini iklim yang ada dengan suhu yang mencapai 35 derajat tentu akan berpengaruh terhadap pertumbuhan dan tempat tinggal satwa hingga kesejahteraan manusia,” bebernya.

Pada kesempatan itu Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Dr Ahmad Alim Bachri mengharapkan dengan diselenggarakannya seminar dengan skala nasional ini dapat menjadi masukan bagi pemerintah daerah ataupun pemerintah pusat.

“Yang jelas, dapat menghasilkan kesimpulan yang bermanfaat terhadap pelaksanaan strategis nasional terkait kehutanan dan lingkungan hidup dalam memberikan gagasan-gagasan yang cemerlang serta mendukung pembangunan nasional,” ucap dia.

Ia menginginkan melalui acaranya ini pula dapat menciptakan langkah strategis dan atmosfer akademik yang baik untuk Fakultas Kehutanan.

BACA JUGA :  PN Martapura Eksekusi Lahan Jingah Habang Ilir

Selain menggelar seminar nasional, acara ini juga melakukan kunjungan ke Miniatur Hutan Hujan Tropis (MH2T) Kalsel yang nantinya mencakup penelitian, metode aksi perubahan iklim berbasis FOLU, perhutanan sosial, agroforestri, restorasi gambut, dan pemanfaatan energi baru terbarukan.

Seminar nasional yang dilaksanakan oleh Fakultas Kehutanan ULM ini menghadirikan narasumber berkompeten dibindangnya di antaranya Dirjen Planalogi Kehutanan dan Tata Lingkungan KLHK, pakar dari ULM dan IPB University. Serta diikuti ratusan lebih peserta dari berbagai lintas sektor baik secara dalam jaringan (Zoom Meeting) ataupun luar jaringan (tatap muka).

Reporter: Riswan Surya | Editor: Nashrullah

Baca Juga