1. Home
  2. »
  3. advertorial2
  4. »
  5. Kumpulkan Data Produk Unggulan Khas Daerah, BRIDA Kalsel Kunjungi DPK3…

Kumpulkan Data Produk Unggulan Khas Daerah, BRIDA Kalsel Kunjungi DPK3 Banjarmasin

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARMASIN – Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Kalsel melakukan kunjungan ke Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarmasin dalam rangka penyusunan rencana induk dan peta jalan pemajuan Iptek, Senin (12/8/2024) siang.

Kunjungan ini dipimpin Ketua Tim peneliti dari BRIDA Kalsel Dr Lisda Norizatil Hasana, dan didampingi tiga anggota tim di antaranya Dr Nana Noviana, Dr Muhammad Nur, dan Ir M Arief Anwar.

Dari kegiatan yang bertempat di ruang pertemuan DPK3 Banjarmasin itu, pihaknya bertujuan sedang melakukan pencarian sekaligus pengumpulan data terkait produk unggulan daerah dimasing-masing kabupaten/kota salah satunya adalah Banjarmasin, kota yang berjuluk Seribu Sungai, dengan melibatkan Sub bagian perencanaan (Sekretariat), Bidang Pertanian dan Bidang Perikanan.

BACA JUGA :  Kunjungan Ke Kebun Raya Banua Tembus 2 Ribu Per Hari, Akhir Tahun 2023 Capai 4 Ribu Lebih

Hasilnya pun, tim peneliti dan riset daerah dari BRIDA Kalsel menyebut produk unggulan Kalsel yang perlu dikembangkan untuk inovasi daerah yaitu komoditas disektor pangan antara lain padi, ikan haruan, ikan patin, karet, dan itik. Ini berkaitan dengan SKPD yang jadi sasaran dalam pengembangan inovasi daerah yakni Dinas Pertanian dan Dinas Perikanan.

BACA JUGA :  BRIDA Kalsel Ekspos Finalisasi Kajian Indeks Pelayanan Publik Kesamsatan

Termasuk, Kota Banjarmasin juga diharapkan bisa mengembangkan tanam padi setahun 2 kali. Tak lupa, untuk pengembangan inovasi meningkatkan produk olahan dari ikan haruan dan ikan patin serta disarankan untuk mengurus HaKI (Hak Kekayaan Intelektual) untuk memperoleh perlindungan secara hukum (hak cipta).

Reporter: Riswan Surya | Editor: Nashrullah

Baca Juga