1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Tren Baru, Hadiri Haul Naik Klotok

Tren Baru, Hadiri Haul Naik Klotok

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM,MARTAPURA – Trend baru pada pelaksanaan Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul 2020 yang digelar selama dua hari kemarin, yakni kedatangan para jamaah yang bukan hanya melalui jalur darat. Bahkan jalur air pun dipadati oleh para jamaah yang datang dari berbagai daerah dengan menggunakan klotok.

Diketahui sebanyak 3.500 klotok mengangkut para jamaah melalui Sungai Martapura yang bersandar di dermaga Murung Kenanga, dan dipingiran Sungai Martapura sekitar Pekauman, Martapura Timur. Hal itu diungkapkan oleh Kabid Angkutan dan Keselamatan Perhubungan Darat Yusi Anshari Nihe.

BACA JUGA :  Kabupaten Banjar Akan Masifkan Vaksinasi Covid-19

“Kenaikannya sekitar 250 persen dari tahun kemarin, yang hanya 1.500 klotok saja. Tentu ini akan menjadi perhatian khusus untuk pemerintah daerah saat pelaksanaan haul Abah Guru Sekumpul tahun depan,” ucapnya.

Dikatakan Yusi, tahun depan pihaknya akan bekerjasama dengan para relawan untuk membuat tempat sandar untuk klotok, agar lebih memudahkan untuk klotok-klotok bersandar serta memudahkan bagi jamaahnya  naik ke darat.

“Mereka datang dari berbagai wilayah, dari Kalteng, Nagara, Amuntai, Danau Panggang, Pagatan Katingan, Bahaur, Palang Pisau, dan lainnya,” katanya.

Dijelaskan Yusi, kebanyakan para jamaah yang datang menggunakan klotok dengan alasan ingin menghindari kemacetan di jalur darat. Padahal pemerintah dengan pihak terkait lainnya setiap tahunnya selalu berupaya untuk membuat jalur darat agar tidak terlalu macet dengan melakukan rekayasa lalu lintas.

BACA JUGA :  Saidi Kukuhkan Pengurus Dekranasda Kabupaten Banjar

“Mereka yang datang menggunakan klotok ini memang terbiasa menggunakan jalur sungai. Dan Asumsi mereka kalau jalan darat pasti macet, padahal pada tahun ini bisa dikategorikan lebih cepat, karena kita bersama pihak terkait lainnya selalu berupaya untuk mengurai kemacetan lebih cepat. (nsh)

Baca Juga