Pandemi, Banjar Hanya Gunakan 3 Paskibraka

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 Tingkat Kabupaten Banjar cukup berbeda dari tahun sebelumnya. Hal ini mengingat wabah pandemi covid-19 sedang melanda Kabupaten Banjar dan juga Dunia secara keseluruhan.

Upacara peringatan HUT RI ke-75 meski digelar sederhana akan tetapi tidak mengurangi khidmat khusyu serta nilai Kemerdekaan. Para peserta juga dibatasi sesuai dengan protokol kesehatan, dengan regu TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, serta regu ASN.

Bupati Banjar H Khaliurrahman bertindak selaku inspektur upacara pengibaran bendara pusaka Merah Putih tersebut, dan yang bertindak sebagai komandan upacara Ipda Nur Kahfi dari Polres Banjar.

Upacara di mulai dengan pengibaran bendera oleh Paskibraka Kabupaten Banjar dengan jumlah hanya tiga orang paskibra yang diiringi dengan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan pembacaan teks Pancasila yang dipimpin oleh inspektur upacara.Kemudian pembacan naskah pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang dibacakan oleh Ketua DPRD Banjar HM Rofiqi dan ditutup dengan pembacaan doa yang dibacakan oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Banjar H Najwan Noor.

Usai upacara digelar beberapa penyerahan secara simbolis diantaranya penyerahan tanda kehormatan Satya Lencana kepada Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Banjar  H Masruri, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar H Aspihani, Asisten Administrasi Umum Setda Banjar Hj Siti Mahmudah, Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan Dinas PMD Banjar Sonwani Agus, Kasubag Kerjasama dan Otonomi Bagian Pemerintahan Setda Banjar Dr. Khairullah Ansari. Serta penyerahan tali asih secara simbolis kepada 2 orang legiun veteran Kabupaten Banjar.

Turut hadir pada upacara tersebut Wakil Bupti Banjar H Saidi Mansyur, Kapolres Banjar AKBP Andri Koko Prabowo, Ketua DPRD Banjar HM Rofiqi, Sekda Banjar HM Hilman, Perwakilan Dandim 1006 Martapura, Perwakilan Kajari Banjar, Kepala Kemenag Banjar H Najwan Noor, serta tamu undangan lainnya. (Ptr)