Tahun BAru Islam
PAWAI- Ribuan warga Martapura pawai di jalan sambut Tahun Baru Islam

HEADLINE9, MARTAPURA – Dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam 1440 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Banjar melalui dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat menggelar event Muharram Pawai Hijriah. Kegiatan dilaksanakan pada Selasa (11/09), di halaman kantor Pemkab Banjar.

Pelepasan Pawai Hijriah dalam event Muharram dilepas oleh Bupati Banjar H Kahlilurrahman. Tampak juga Ketua Tim PKK Kabupaten Banjar Hj Raudhatul WArdiyah, sekretaris daerah kabupaten Banjar Nasrunsyah dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten Banjar Haris Rifani, serta kepala SKPD lingkup Kabupaten Banjar.

Haris Rifani mengatakan, kegiatan ini untuk menyambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriah, total 164 kafilah dengan jumlah peserta 7000 orang.

Bupati Banjar H Khalilurrahman, mengatakan Tahun Baru Hijriyah sangat penting diperkenalkan kepada kalangan anak-anak. Agar mereka tahu tentang semangat kebersamaan umat Islam dan mengenal Tahun Baru umat Islam.

Bahkan dia juga menegaskan jangan sampai hanya tahun baru masehi saja yang diperingati dengan meriah. Seharusnya tahun baru Hijriyah-lah, yang diperingati ummat Islam dengan semarak.

“Tahun Baru Islam ini menjadi saat yang tepat bagi kita umat islam untuk mengoreksi diri. Melakukan perenungan atas apa yang telah dilakukan selama satu tahun yang lalu. Apakah sudah baik, atau masih banyak yang harus dibenahi, baik terkait akhlak, ibadah, pekerjaan dan sebagainya,” katanya.

Pria yang akrab disapa Guru Khalil itu juga mengaku sangat bahagia dan bersyukur, karena event Muharram ini sangat antusias disambut masyarakat, dan tahun ini diikuti 165 unit TK/TPA dari BKPRMI dan Al-Banjari, sekitar 10.000 peserta.(SR/HL-01)

BACA JUGA :  Bupati Banjar Resmi Launching Panggilan Darurat 112 Kabupaten Banjar