Home » KPC PEN Bersama Pemkab Banjar Kebangkitan UMKM

KPC PEN Bersama Pemkab Banjar Kebangkitan UMKM

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) kembali menggelar webinar bersama Pemerintah Kabupaten Banjar dengan tema Kebangkitan UMKM Melalui Program Pemulihan Ekonomi Nasional.

Webinar tersebut, dihadiri Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar HM Aidil Basith, Kabid IKP Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar Eddy Elminsyah Jaya sekaligus Narasumber, Kasi Pengelolaan Media IKP M Hamdani, Pelaku UMKM Putra Qomaluddin Attar Nurriqli selaku Narasumber di Command Center Barokah, Martapura.

Aidil Basith dalam membuka webinar tersebut mengungkapkan Kebangkitan UMKM Melaui Program Pemulihan Ekonomi Nasional. Melihat banyaknya yang hadir kalangan muda. Ia berharap kemajuan lebih cepat dengan memanfaatkan IT.

“Kemajuan UMKM Kabupaten Banjar akan terus berlanjut, karena pada saat orang lain diam akibat pandemi, orang-orang muda lah bisa melakukan terobosan dengan IT, dan Alhamdulillah kalangan muda di Kabupaten Banjar melek IT,” ungkapnya.

Basith juga menyampaikan dengan adanya webinar ini, dapat menggerakkan masyarakat walau tidak langsung kelapangan memberikan motivasi dan pembelajaran.

“Kita dapat melaksanakan webinar ini, yang mana kita bisa memacu masyakat untuk bangkit dari pandemi ini dengan informasi wawasan dan narasumber yang ahli dibidangnya,” ucapnya.

Adapun Eddy Elminsyah Jaya yang juga Direktur LPPL Radio Suara Banjar dalam materinya menyampaikan, RSB yang berdiri 26 tahun lalu atau belum adanya media sosial sudah berupaya untuk memcerdaskan kehidupan bangsa, apalagi dimasa pandemi saat ini. Seperti sajian Jurnal Covid setiap harinya.

“Kita gencar mengedukasi masyarakat agar mereka tidak termakan hoax, karena sebagian masyarakat menganggap ini hanya teori konspirasi, dengan data-data update baik data Nasional, Regional Kalsel dan data-data Kabupaten Banjar senidiri yang kita update setiap hari,” ujarnya.

Eddy menambahkan, sebagaimana tema yang dibawakannya yakni, Radio Suara Banjar sebagai media partner UMKM lokal, dimana diantaranya menginformasikan dan sosialisasikan adanya bantuan UMKM dan program talkshow dengan berbagai narasumber termasuk pelaku ekonomi untuk memperkuat UMKM juga dilakukan.

“Ini penting untuk memberikan info kepada masyarakat agar bisa produktif ditengah pandemi,” katanya.

Sementara itu, Putra Qomaluddin Attar Nurriqli sebagai pelaku usaha dalam materinya dengan tema “STRATEGI JITU UKM BISA HADAPI CORONA” diantaranya yakni memperbaiki kualitas produk dan layanan, memanfaatkan teknologi dengan optimal serta mempersiapkan bisnis untuk berkembang.

Pada kesempatan itu Qomaluddin juga menyampaikan materi karakter wirausaha dan faktor penyebab kegagalan wirausaha serta materi Vitapreneur.

Webinar KPC PEN berdurasi kurang lebih 120 menit yang dimoderatori oleh Ronny Lattar dari Radio Suara Banjar tersebut cukup menarik, pasalnya panitia pelaksana memberikan e-serifikat dan doorprize kepada para peserta yang aktif bertanya. (

Baca Juga