Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Percepat Turunkan Stunting, Untuk Tingkatkan Kualitas Manusia

Percepat Turunkan Stunting, Untuk Tingkatkan Kualitas Manusia

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Untuk mempercepat penurunan stunting di Kabupaten Banjar, Pemerintah Kabupaten Banjar laksanakan diskusi Panel Manajemen Kasus Stunting di Aula Kantor Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kabupaten Banjar, Selasa (21/6/2022) pagi.

Pada kegiatan tersebut, Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al- Habsyie mengatakan, peningkatan kualitas manusia Indonesia, merupakan salah satu misi sebagaimana tertera pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024.

BACA JUGA :  Rumah Pembuat Kue di Desa Mekar Terbakar

Salah satu indikator prevalensi stunting 14 persen tahun 2024. Untuk mencapai target nasional tersebut diperlukan suatu upaya percepatan untuk penurunan stunting.

“Ini bisa dicapai apabila semua pihak bersedia berkomitmen untuk saling bekerjasama dan berkoordinasi dalam berbagai program dan kegiatan secara kolaboratif dan terintegrasi sehingga dapat mengatasi berbagai faktor determinan yang mengakibatkan terjadinya stunting,” ungkapnya.

Koordinator KBKR perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan Mahendra Prakosa mengatakan, telah ditetapkan 5 strategi nasional dalam percepatan penurunan stunting.

BACA JUGA :  Bupati Banjar dan Forkopimda Salat Idul Adha 1443 H di Masjid Al Karomah

Mahendra merinci lima strategi nasional tersebut.

“Peningkatan komitmen dan gizi kependudukan, peningkatan komunikasi perubahan prilaku, peningkatan konvergensi intervensi, peningkatan ketahanan pangan dan gizi serta penguatan dan pengembangan data informasi,” jelasnya.

Turut hadir dalam acara ini Kadinsos P3AP2KB Banjar Hj Siti Hamidah, tim audit stunting, Direktur RSUD Ratu Zalecha Martapura H Topik Norman Hidayat dan peserta diskusi panel.

Baca Juga