Warga Binaan Unjuk Kemampuan Baca Alquran

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Warga binaan juga memeriahkan Hari Santri Nasional sekaligus Hari Dharma Karya Dhika. Salah satunya digelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten Banjar Tahun 2018 yang dilaksanakan oleh LPKA Martapura bekerja sama dengan MUI Banjar di lingkungan LPKA Kelas 1 Martapura, Rabu (23/10) siang.

MTQ diikuti 50 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Se-Kabupaten Banjar. mereka berasal dari LPKA Martapura mengirim 30 orang, 15 peserta dari Lapas Perempuan serta 5 dari Lapas Narkotika Karang Intan . Pelaksanaan berlangsung selama 3 hari ke depan yakni tanggal 24 sampai dengan 26 Oktober 2018.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Selatan diwakili Kepala Divisi Pemasyarakatan, Asep Syarifudin mengajak seluruh warga binaan mendukung MTQ tersebut. Warga binaan yang mendekam di lapas memiliki qari dan qariah yang bagus. “Raihlah prestasi dan lakukan semuanya dengan hati,” pesannya.

Kepala LPKA Martapura Latief Safiudin, selaku tuan rumah MTQ mengakui, sejak diterapkan pola pembinaan berbasis keagamaan, banyak kemajuan yang bisa dilihat langsung. MTQ ini bagian dari upaya meningkatkan baca Alquran dan memahami makna yang terkandung dalam kitab suci tersebut.

Sedangkan Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM H Masruri mengatakan, pelaksanaan MTQ salah satu bentuk mewujudkan rasa cinta terhadap Alquran yang jadi pedoman menjalani kehidupan. ia berharap, proses pembinaan LPKA tetap mengedepankan pola pondok pesantren yang berbasis keagamaan.(MAS)