Home » Maksimalkan Hasil PPKM, Pemkab Minta Dukungan Warga

Maksimalkan Hasil PPKM, Pemkab Minta Dukungan Warga

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print

headline9.com, MARTAPURA – Untuk memaksimalkan hasil Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan,  pemerintah setempat meminta semua dukungan dari semua lapisan masyarakat.

Untuk menyamakan persepsi mengenai pelaksanaan PPKM tersebut, pemerintah Kabupaten Banjar kembali melakukan sosaialisasi PPKM Mikro secara daring, bertempat di Command Center Barakah Martapura, Kamis (11/2/2021) pagi.

Acara dihadiri dan dibuka Bupati Banjar H Khalilurrahman yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Setda Banjar H Masruri, dengan narasumber Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dr Diauddin, Kepala Dinas PMD Banjar Syahrial dan Kasat Binmas Polres Banjar Hj Amalia Afifi. Turut hadir melalui daring para Camat, Kapolsek dan Danramil se-Kabupaten Banjar.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Banjar H Masruri mengatakan PPKM Mikro diterapkan di 7 Provinsi yang ada di Jawa Bali diantaranya Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, DIY, Jawa Timur dan Bali.

“Untuk Kalsel, salah satunya adalah Kabupaten Banjar dengan membentuk PPKM Mikro sebagai kota imbangan dalam rangka memotong mata rantai covid-19 di tingkat RT/RW,” terangnya.

Masruri menyampaikan agar bersama-sama mensukseskan dan mensosialisasikan kegiatan PPKM Mikro ini guna memutus mata rantai penyebaran kasus covid-19 hingga tingkat desa.
“Diharapkan kerjasama seluruh perangkat baik itu pemerintah dan masyarakat,” tambahnya.

Dalam keterangannya Kasat Binmas Polres Banjar Amalia Afifi, mengatakan pemerintah memutuskan menetapkan PPKM Mikro untuk mempermudah pengawasan kasus covid-19 hingga tingkat desa. Pendekatan berbasis mikro atau tingkat lokal mulai tingkat desa, kampung, RT/RW diharapkan bisa menekan laju penyebaran virus Corona.

“Nantinya posko pengawasan PPKM akan dibentuk ditingkat kelurahan dan desa untuk mengatasi kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan, bukan hanya sekedar melakukan pengawasan tetapi juga tracking kasus-kasus Corona di masing masing desa,” katanya.

Adapun pelaksanaan PPKM di Kabupaten Banjar dilaksanakan di Kecamatan Martapura yaitu Kelurahan Sekumpul, Kelurahan Sungai Paring dan Desa Sungai Sipai yang menjadi proyek percontohan bagi kelurahan dan desa lainnya. (nsh)

Baca Juga