Warga Ulak Kerbau Baru Keluhan Pelayanan Bidan Desa

headline9.com, OGAN ILIR – Beberapa warga Desa Ulak Kerbau Baru kecewa terhadap bidan Sh, yang tidak memberi pertolongan pertama kalau ada warga mengalami sakit parah, dan kadang tidak berada di tempat.

Herman, warga setempat mengalami sakit parah, berbicara saja tidak bisa, apa lagi bergerak, menginformasikan masalah tersebut.

Mengenai laporan warga itu awak media ini konfirmasi warga tersebut, dia mengatakan awalnya Herman tidak percaya apa yang pernah dialami beberapa warga mengenai pelayanan buruk bidan desa tersebut.

“Ini saya yang mengalaminya, inikan masalah nyawa ini setidaknya ada tanggapan seharusnya, minimal lihat dan beri pertolongan pertama,” ujar Herman (6/4/2021)

Saat ditanya awak media, siapa yang pergi memanggil bidan tersebut, Herman langsung memanggil keponakan yang tidak ingin di sebut namanya. Dan ia menjelaskan kronologinya dan memanggil bidan tersebut.

“Ayo buk bidan tolong lihat sebentar, kalau instruksi dari kamu bawah kerumah sakit kami bawa ,yang penting lihatlah dulu, ” katanya.

Kemudian, bidan itu menjawab tidak bisa d karena suaminya keluar dan dia tidak bisa meninggalkan anak-anaknya.

Di tempat berbeda awak media ini langsung mendatangi tempat praktek bidan desa konfirmasi mengenai pelayanannya buruk, yang telah disampaikan warga tersebut terhadap salah satu warga yang sakit.

“Kalo biso di hadirke bae yang nyingok semalem biar lebih jelas, semalem memang kesini. Anak aku 2, berhubung lah nak jam 10 malam jemput itu, laki aku lagi pegi, karna sudah malam aku dak berani ninggalke anak aku, jadi aku tawari minum obat dulu semetaro, kalo laki aku balek baru pacak aku kesano, tapi yang jemput ngomong kalo yang saket itu sudah dak biso di ajak ngomong lagi, berarti itu kasus berat jadi aku omongke kalo cak itu langsung bawak kerumah saket bae,” katanya.

Saat dikonfirmasi awak media ini ke puskesmas dan tanyai prosedur pelayanan bidan desa, tentang penanganan tanggap darurat terhadap warga yang sakit.
Kepala Puskesmas Hj Ellyana, melalui pernyataan staff kepala TU Endriwati, Kepala TU Puskesmas Kerinjing.

“Tugas kami bidan desa itu yang terutama untuk melahirkan, bayi, balita, pimpinan puskesmas juga ngomong jangan terlalu di fokuskan mengenai hal yang lain,” ujarnya.

Selain itu pihak puskesmas membenarkan, bahwa benar prosedur yang telah apa yang dikerjakan oleh bidan itu.

“Tugas pokok fungsi bidan sebenarnya pelayanan untuk ibu dan anak, dan KB.
Pelayanan kesehatan dasar, kecuali yang gawat darurat perlu di tolong, ” ujarnya.