Home ยป Dinas Perikanan Tanbu Gelar Pelatihan Penghitungan AKI Dan NTN.

Dinas Perikanan Tanbu Gelar Pelatihan Penghitungan AKI Dan NTN.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print

BATULICIN- Dinas Perikanan Tanah Bumbu menggelar Pelatihan Penghitungan Angka Konsumi Ikan (AKI) dan Nilai Tukar Nelayan (NTN) yang bertempat diruang rapat Kantor dinas perikanan, Kamis 27/05/21.

Pelatihan penghitungan AKI dan NTN dilaksanakan sebagai tindak lanjut implementasi kerjasama Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBRP2BKP) Jakarta dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu.

Kegiatan Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari, sejak tanggal 27 hingga 28 Mei 2021 bertempat di Ruang Rapat Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu yang diikuti sebanyak 30 peserta terdiri dari Penyuluh Perikanan dan staf Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu.

Pelatihan Penghitungan AKI dan NTN dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu, Yulian Herawati, S.E, M.M. yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Narasumber Pelatihan AKI Bapak Singgih Wibowo dan Pelatihan NTN oleh Bapak Rizki Aprilian Wijaya.

Adapun Materi yang disampaikan pada pelatihan ini meliputi pengenalan pemahaman AKI dan NTN, metodologi penghitungan, kelebihan dan kekurangan masing-masing metodologi dan simulasi penghitungan nilai AKI dan NTN untuk wilayah Kabupaten Tanah Bumbu dengan menggunakan data SUSENAS (Survey Sosial Ekonomi Nasional) yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik.

Diharapkan dari pelatihan ini, Penyuluh Perikanan dan Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu dapat memahami dan dapat melakukan pengukuran mandiri angka konsumsi ikan dan nilai tukar nelayan.

Baca Juga