Jangan Asal Pilih Jenis Ban Motor, Perhatikan Jenis–Jenis Ban Berikut

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU – Perlu diperhatikan jangan asal pilih jenis ban kendaraan, pemilihan jenis ban motor sangat penting pada kendaraan sebab ban merupakan komponen utama ketika bermanufer dan memacu kendaraan di jalan.

Hendaknya jenis ban yang digunakan pada kendaraan sebaiknya yang sesuai dengan spesifikasi waktu musim yang dialami, apabila jenis ban yang digunakan tidak sesuai dengan ban kendaraan bisa rawan mengalami selip di medan jalan sehingga membuat motor rentan tergelincir bahkan berujung pada kecelakaan.

Jadi, penting untuk para pengendara motor tahu jenis – jenis ban yang cocok di gunakan pada waktu – waktu tertentu, terlebih ketika saat musim hujan seperti sekarang, akibat hujan membuat jalan basah dan licin sehingga mengurangi kemampuan cengkram atau traksi ban pada aspal.

Tipe Ban Motor
Tipe ban motor berbeda – beda sesuai dengan peruntukannya, sedikitnya ada 3 jenis tipe ban motor yang berbeda satu sama lain.
Biasanya para produsen ban motor mencantumkan jenis ban dan spesifikasi ban pada segel, kode ban tertulis dengan kata Wet (basah), Dry (Kering), Wet Dry (normal).

BACA JUGA :  Gambaran DPRD Banjar... Tersisa 20 Petahana, 25 Wajah Baru

Kegunaan Tiap Jenis – Jenis Ban
Ban Tipe Basah : Dikhususkan untuk jalanan basah dan licin, ban tipe basah biasanya memiliki alur ban yang lebih besar hingga ke tepian ban. Tujuannya untuk membuang air saat melewati medan jalan yang basah dan berair sehingga ban tidak mudah selip.

Ban Tipe Kering : Digunakan untuk jalanan kering seperti perkotaan, ban jenis ini biasanya memiliki sedikit alur, hanya saja ban ini licin dan mudah selip saat kondisi jalanan sedang basah.

Ban Tipe Normal :
Ban tipe ini memiliki kemampuan bermanufer di jalan basah dan kering, sehingga ban ini cocok digunakan disegala musim namun ban ini memiliki daya cengkram atau grip yang normal pula.

Saat musim hujan seperti ini perlu untuk pengendara memilih jenis ban yang tidak licin dan cocok untuk digunakan saat musim hujan, berikut beberapa jenisnya :

BACA JUGA :  53 Perusahaan Beroperasi di Banjar dan Memutar Modal 1.9 Triliun

1.Pilih ban dengan banyak alur
Mengutip Astra Motor, jenis ban yang tidak licin adalah ban dengan banyak alur pada bagian tapaknya, alur pada tapak ban berfungsi untuk memecah air ketika motor melewati genangan.

2.Ban dengan pola kembangan V
Kembangan atau disebut pattern pada ban bukan sekedar hiasan, namun memiliki peran penting ketika di jalanan licin atau basah, ban dengan pattern V direkomendasikan untuk melewati jalanan kering maupun jalanan yang basah.

3.Jangan gunakan ban semi slick
Memakai ban Semi Slick memang dapat memberikan grip atau cengkraman kuat pada aspal kering, akan tetapi jenis ban ini memiliki kesulitan dalam memecah air sehingga akan sulit digunakan ketika berkendara melewati genangan atau jalanan basah.

4.Pilih ban standar pabrik
Cara paling mudah memilih jenis ban yang tidak licin yaitu dengan membeli ban sama dengan standar pabrikan motor, sebab ban standar pabrikan memang sudah dikhususkan untuk motor baik pada kondisi jalan basah ataupun kering. (Ald)

Baca Juga