Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjarmasin
  4. »
  5. Banjarmasin Akan Aktifkan KTP Digital, Kini Dapat Diakses Melalui Smartphone

Banjarmasin Akan Aktifkan KTP Digital, Kini Dapat Diakses Melalui Smartphone

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARMASIN – Ditengah berkembangnya zaman perkembangan teknologi juga semakin pesat, hal ini tentu menjadi momen untuk Intansi Pemerintah untuk merombak konsep Pelayanan Publik.

Dulunya Pelayanan Publik harus menghabiskan waktu dan tenaga masyarakat, namun melalui digitalisasi terkini hal itu diharapkan dapat mengefektifkan segala urusan Pelayanan Masyarakat.

Kalimantan Selatan merupakan salah satu daerah yang akan menerapkan konsep serupa melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan segera mengaktifkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital, menariknya layanan ini dapat diakses melalui Smartphone Android.

Kabid Pengelolaan Administrasi Kependudukan Disdukcapil Kota Banjarmasin, Fakhriawati mengatakan untuk KTP digital yang berbasis Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) terpusat di Kota Banjarmasin dijadwalkan sekira bulan Juni mendatang.

BACA JUGA :  Ahli Epidemiologi Kalsel: Tetap Tenang Namun Waspada Terhadap Cacar Monyet

“Jadi ini akan diterapkan di seluruh daerah di Indonesia, untuk Kota Banjarmasin atau wilayah Kalsel dijadwalkan pusat atau menginstal aplikasinya pada 9 Juni 2022,” ucapnya kepada awak media, Minggu (17/04/2022).

Setelah diinstal itu, pada SIAK terpusat, baru bisa dilakukan ID digital atau dokumen kependudukan. Warga Kota Banjarmasin bisa dilihat diaplikasi seperti aplikasi Peduli Lindungi untuk data warga sudah vaksinasi Covid-19.

“Jadi lengkap data kependudukan di sana, ada data KTP, Kartu Keluarga (KK) hingga terkoneksi juga dengan data NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan lainnya,” tambahnya.

Dia menegaskan, dengan adanya KTP digital ini tidak menghapus KTP elektronik yang kartunya sudah dimiliki warga.

BACA JUGA :  Terlibat Korupsi Plt Kepala Dinas PUPRP HSU Dituntut Jaksa 4 Tahun Penjara

“Jadi kartu fisik masih ada, kan tidak semua orang miliki hp canggih atau hp android, demikian juga bisa memakainya, jadi tidak dipaksakan semua harus mengakses aplikasi SIAK terpusat ini,” tegasnya.

Menurut Fakhriawati, ini menjadi kemudahan bagi warga yang tidak harus selalu membawa KTP-EL di dompet, tapi bisa diakses di mana saja asal sinyal internet baik, ini sebagai kemajuan pemanfaatan teknologi, di mana masyarakat bisa dimudahkan dalam segala hal.

“Sebab saat ini hampir semua orang sudah melek teknologi, dan memiliki HP android,” tutupnya.

Baca Juga