Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Teras Rumah Menghadap ke Sungai Martapura

Teras Rumah Menghadap ke Sungai Martapura

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Mencari kebutuhan hidup dan keperluan di dapur cukup ke Sungai Martapura, Kabupaten Banjar. tradisi itu terus digenggam warga serambi makkah sampai hari ini, warisan tersebut rencananya tetap dipertahankan, salah satunya mengubah teras rumah menghadap sungai.

WhatsApp Image 2018 12 02 at 10.49.18

“Sudah ada masyarakat yang swadaya melestarikan budaya itu. Rumah-rumah mereka nantinya menghadap ke sungai,” kata Galuh Tantri Narindra, Kepala Bidang Cipta Karya PUPR Banjar, di Lok Baintan, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Minggu (2/12) pagi.

BACA JUGA :  Pemdes Pasar Kamis Gelontorkan Ratusan Juta Untuk Stunting

WhatsApp Image 2018 12 02 at 10.49.23

Ketua Malingai ini berharap, semua masyarakat Kabupaten Banjar ikut serta mengembalikan kejayaan sungai seperti dahulu. Malingai sendiri, adalah komunitas masyarakat peduli sungai yang aktif memberikan advokasi kepada masyarakat yang tinggal di bantaran sungai Kalimantan Selatan khususnya Kabupaten Banjar.

“Sungai adalah urat nadi kehidupan dan salah satu bagian penting dalam keseharian masyarakat Kalimantan selatan khususnya Kabupaten Banjar,” katanya.

BACA JUGA :  Santri Diniah Bersaing di Porsadin. Berlomba pada 12 Cabor Berbasis Keagamaan

WhatsApp Image 2018 12 02 at 10.49.17

Dewi Ferawati, salah satu pengurus Masyarakat Peduli Sungai Banjar menegaskan, semua kalangan diajak Bupati Banjar peduli dengan sungai. Pihaknya terpanggil serta berinisiatif menjadi relawan yang ikut mengampanyekan agar masyarakat lebih peduli terhadap sungai. Gerakannya, tidak membuang sampah ke sungai dan penghapusan jamban terapung.

 

Baca Juga