Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjarbaru
  4. »
  5. Kelurahan Syamsudin Noor Optimis Juara lomba Desa dan Kelurahan

Kelurahan Syamsudin Noor Optimis Juara lomba Desa dan Kelurahan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU – Kelurahan Syamsudin Noor Kota Banjarbaru masuk dalam 6 besar Evaluasi Perkembangan Lomba Desa dan Kelurahan (LomDesKel) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2022.

Untuk itu, Kelurahan Syamsudin Noor diundang oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk menghadiri Penilaian Paparan Peserta LomDesKel tersebut melalui zoom meeting, di Ruangan Forbarcelona, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarbaru, Jumat (17/06/2022).

Terselenggaranya lomba ini dengan tujuan agar mendorong Kelurahan untuk bersaing secara sportif dan positif, meningkatkan motivasi sebagai upaya menerapkan dan mengembangkan inovasi dalam menyelenggarakan urusan Kelurahan.

Lurah Syamsudin Noor Faisal Rahman, S.STP, MA saat menyampaikan paparan. Foto – Yudhis.

Serta mengevaluasi dan menilai Kelurahan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi Pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan. Mengetahui capaian Kelurahan selama kurun waktu satu tahun dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakat di Kelurahan. Sebagai sarana apresiasi dari Pemerintah Daerah berupa penghargaan kepada Kelurahan atas prestasi yang telah dicapai.

BACA JUGA :  Hari Bumi, Mapala Graminea Buka Puasa Bersama dan Bagi Bibit Tanaman

Saat penyampaian paparan profil Kelurahan Syamsudin Noor oleh Lurah Syamsudin Noor Faisal Rahman, S.STP, MA terlihat sangat bersemangat menjelaskan slide demi slide yang digambarkan dalam bentuk power point.

Tidak hanya itu, Faisal juga sangat lugas dan percaya diri saat menjawab beberapa pertanyaan dari para juri atau penilai terkait inovasi apa saja yang telah dicapai oleh Kelurahan Syamsudin Noor.

Diantaranya, menyampaikan perkembangan ekonomi masyarakat disektor perikanan seperti gurame, lele, nila dan pembibitan ikan. Sektor perkebunan seperti melon, cabe, semangka, terong, jagung dan lain-lain. Sektor Industri seperti tahu, tempe, kerupuk dan sebagainya.

Selanjutnya, Kelurahan Syamsudin Noor juga memiliki bank sampah dan TPS 3R (Reduce, Reuse & Recycle). Serta, Posyantek Hasta Karya, lembaga kemasyarakatan yang memberikan pelayanan teknis informasi, promosi dan orientasi tentang teknologi tepat guna. Posyantek Hasta Karya telah melahirkan beberapa karya yang berguna dan memperoleh penghargaan mulai dari tingkat Kota hingga Provinsi.

BACA JUGA :  BTPKLW-TNI Diharapkan Dapat Gerakan Ekonomi

“Alhamdulillah hari ini berjalan dengan lancar dan semoga hasilnya memuaskan untuk Kota Banjarbaru,” Kata Faisal Rahman usai menghadiri penilaian melalui virtual zoom meeting.

Faisal melanjutkan, dirinya beserta seluruh jajaran Kelurahan Syamsudin Noor sangat optimis untuk menjadi juara.

“Jika kita menjadi juara. Kita bisa mewakili Provinsi Kalimantan Selatan ketingkat Regional,” ujarnya.

Diinformasikan, dari 13 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan yang mengikuti penilaian paparan LomDesKel hanya 6 Kelurahan. Selanjutnya, seletah penilaian pada hari ini, tahap berikutnya akan dilakukan verifikasi lapangan untuk peserta yang telah masuk dalam 3 besar. (Yds/MedCenBJB)

Baca Juga