Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. Tingkatkan Keharmonisan, FKUB Balangan Gelar Dialog Kerukunan Antar Umat Beragama

Tingkatkan Keharmonisan, FKUB Balangan Gelar Dialog Kerukunan Antar Umat Beragama

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, PARINGIN – Penguatan toleransi dan moderasi beragama harus menjadi prioritas yang terus digalakkan agar tidak lagi terjadi praktik intoleransi.

Terkait hal tersebut, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Balangan adakan dialog kerukunan antar umat beragama.

Kegiatan bertema “Memperkuat Moderasi Beragama di Banua Sanggam” itu berlangsung di Aula As Syura Kantor Kemenag Kabupaten Balangan, Kamis (30/06/2022).

Turut hadir pada kegiatan itu, jajaran FKUB Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Kemenag Kabupaten Balangan, Camat, Kepala Desa serta unsur Forkopimda Kabupaten Balangan.

Bupati Balangan Abdul Hadi, dalam hal ini diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Balangan Rody Rahmady Noor mengatakan ini merupakan tahun toleransi beragama dan tahun moderasi beragama yang mana ujung tombak dari moderasi beragama adalah Kementerian Agama.

BACA JUGA :  TPK2D Balangan Kembali Laksanakan Pembinaan di Desa Lasung Batu

Menurutnya, tujuan dialog ini guna memperkuat moderasi beragama yang dasarnya untuk mewujudkan masyarakat Balangan beragama, melindungi hak-hak umat beragama dalam menjalankan kebebasan beragama, mewujudkan ketenteraman, toleransi dalam kehidupan beragama serta mewujudkan kesejahteraan umat manusia.

Selain itu ujarnya, dengan cara membuka musyawarah mufakat, mencari titik temu, dan memberikan pemahaman agama secara utuh kepada masyarakat demi mewujudkan perdamaian antarsesama umat di beragama.

BACA JUGA :  Bappedalitbang Balangan Gelar Sosialisasi Penilaian Inovasi Daerah

“Semoga melalui kegiatan dialog antar beragama seperti ini maupun forum – forum sejenis, dapat memberi pelajaran penting untuk memelihara kerukunan antar umat beragama, memperkuat rasa toleransi dan silaturahmi persaudaraan,” ujarnya.

Sementara, Ketua FKUB Kabupaten Balangan, Supriadi, turut menyampaikan terkait pemahaman yang komprehensif bagaimana sesungguhnya bermoderasi beragama, untuk selanjutnya dapat mengedukasi masyarakat tentang praktik-praktik keagamaan yang moderat

“Semoga selalu terjaga kerukunan beragama dalam menciptakan kerukunan di Kabupaten Balangan agar bisa lebih mengerti hidup dengan toleransi di berbagai kegiatan-kegiatan keagamaan maupun bersosialisasi di masyarakat berkembang Kabupaten Balangan” tutup Supriadi. (Ald)

Baca Juga