HANI, Balangan Luncurkan Desa Bersinar

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, PARINGIN – Dalam rangka Hari Anti Narkotika Internasional (HANI), Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Balangan laksanakan kampanye, gelaran seni dan launching Desa Bersinar Kabupaten Balangan Tahun 2022. Di Mahligai Mayang Maurai Paringin, Senin (11/07/2022).

Berhadir dalam kegiatan, Bupati Balangan, Abdul Hadi, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Balangan, Hj. Sri Huriyati Hadi, Kapolres Balangan, AKBP Zaenal Arifin. Kepala SKPD, tamu undangan dan segenap jajaran BNNK Balangan. Bupati Balangan, Abdul Hadi mengatakan pemerintah daerah sangat menyambut baik peringatan HANI, sebagai bentuk perang melawan narkoba di Bumi Sanggam.

“Pemerintah daerah sangat menyambut baik peringatan HANI, perang melawan narkoba di Banua kita. Harapan kita kedepan, semoga dengan adanya launching Desa Bersinar kita memulai perang narkoba dari desa, sehingga desa-desa kita bisa menjadi pilot project bebas narkoba di Kabupaten Balangan,” ucap Abdul Hadi.

BACA JUGA :  BNNK Balangan Tes Urine Petugas dan Warga Rutan Kelas IIB Barabai

Abdul Hadi juga menyampaikan terimakasih kepada BNNK Balangan yang membangun sinergitas bersama TP-PKK Kabupaten Balangan, dengan adanya kerjasama ini membangun kekuatan dari keluarga sehingga narkoba bisa dibersihkan.

Disamping itu, Kapolres Balangan, AKBP. Zaenal Arifin menuturkan, untuk tingkat pengungkapan narkotika, yang dibandingkan adalah tahun pertahun. Dari Tahun 2020, kemudian 2021, dan sekarang ini berjalan semester pertama di Tahun 2022, terjadi penurunan yang cukup signifikan.

“Itu dari laporan polisi, atau pengungkapan yang kita lakukan. Kemudian dari jumlah barang bukti narkoba yang sudah kita ungkap pun itu terjadi penurunan, baik kualitas maupun kuantitas.” Terangnya.

BACA JUGA :  DPRD dan KPU Balangan Laksanakan RDPU Kesiapan Pemilu 2024

Dari analisa Polres Balangan, masyarakat Kabupaten Balangan sadar bahaya narkoba, namun tidak bisa dibiarkan begitu saja, tentunya perlu pengawasan maupun pemantauan oleh jajaran Satresnarkoba bekerjasama dengan BNN.

Terkait lauching Desa Bersinar, Kepala BNNK Balangan, Faisal Sidiq mengungkapkan, program Desa Bersinar ini sudah berlangsung 3 tahun, mulai Tahun 2020, launching 1 Desa Kupang Kecamatan Lampihong, untuk Tahun 2021, itu ada 2 desa, Desa Muara Jaya Kecamatan Awayan dan Desa Batumerah Kecamatan Lampihong.

Kemudian 2022, Desa Sumsum Kecamatan Tebing Tinggi, Desa Matang Hanau Kecamatan Lampihong dan Desa Lingsir Kecamatan Paringin Selatan.

Baca Juga