Waspada Pohon Besar Tumbang Masa Musim Hujan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Keberadaan pohon-pohon yang ada di pinggiran jalan A Yani Kabupaten Banjar mendapat perhatian  lebih di kala musim hujan. Pasalnya kondisi pohon yang besar juga rimbun itu bagian dahannya sudah mulai lapuk.

Paling parah, batang pohon itu membahayakan bagi pengguna jalan yang melintas. Ditambah cuaca sekarang yang sering ada angina kencang. Hal itu terbukti beberapa waktu lalu satu batang pohon yang ada di KM 38 patah akibat angina kencang, beruntung tidak ada korban jiwa.

“Saya sudah koordinasi ke Dinas Lingkungan Hidup. Minta mereka memantau pohon yang membahayakan, salah satunya pohon yang didepan kodim 1006 itu rantingnnya yang mengarah ke jalan sudah mulai rapuh, jadi harus di pangkas agar bebannya tidak mengarah ke jalan, ” ujar Sekda Banjar Nasrun Syah pada Rabu (12/12/2018) di ruang kerjanya.

BACA JUGA :  47 Pasangan Isbat Nikah di Sultan Sulaiman

Mengenai rencana peremajaan, Sekda Banjar itu menuturkan, kalau peremajaan harus di tebang semua. Namun dia merencanakan nantinya pohon-pohon itu akan diganti dengan kembang yang kuning, seperti yang dikembangkan oleh wilayah Jakarta dan Surabaya.

BACA JUGA :  Polres Banjar Ungkap Kasus 20 Curanmor Hasil Operasi Jaran Intan 2022

“Selain dahannya yang rapuh, besarnya akar dari pohon itu juga merusak fasilitas umum, karena itu kita menargetkan untuk membenahi dengan cara menutup lubang-lubang yang ada di trotoar agar terlihat rapi, ” katanya.

Dijelaskan Nasrun Syah, dulunya penanaman pohon itu menuai pro dan kontra, cuman pada saat itu pihak pemerintah memikirkan yang penting teduh dulu dan nantinya akan diganti dengan tanaman bunga. “Tapi ternyata lebih dulu besar  dan kita belum sempat melaksanakannya,” ujarnya.(sairi)

Baca Juga