26 kilogram Sabu Sabu dan 3.429 Butir Ekstasi Dimusnahkan Polda Kalsel

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARMASIN – Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalimantan Selatan (kalsel) telah melakukan pemusnahan barang bukti narkotika sebanyak 26 kilogram sabu-sabu dan 3.429 butir ekstasi seberat 1.215,53 gram dari hasil pengungkapan periode Juli sampai September 2022 yang didapatkan dari 64 tersangka.

Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i di Banjarmasin, menjelaskan berkas 64 tersangka tersebut termasuk dalam 41 laporan polisi (LP) dengan rincian Subdit 1 sebanyak 20 LP, Subdit 2 ada 7 LP.

“Dan Subdit 3 menangani 14 LP,” ujarnya Rabu (21/9/2022).

Sementara itu, Direktur Resnarkoba Polda Kalsel Kombes Pol Tri Wahyudi menyebut pemusnahan barang bukti merupakan perintah Undang-Undang sebagai tindak lanjut dari penyidikan tindak pidana narkotika sebagaimana diatur Undang-Undang No 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

BACA JUGA :  Dishub Kabupaten Banjar  Derek 32 Mobil Jemaah Haul.

“Prosesnya juga transparan disaksikan tersangka dan media serta dihadiri semua unsur penegak hukum yang terkait,” jelasnya.

Dia menegaskan pula pemusnahan menjadi bentuk pertanggungjawaban penyidik kepada publik dalam pemberantasan narkoba yang terus digencarkan.

Karena itu juga, diharapkan peran serta masyarakat untui terus memberikan informasi sekecil apapun guna menekan peredaran termasuk ancaman penyelundupan narkoba yang masuk ke Kalsel.

BACA JUGA :  Pengerjaan Masjid Bambu Kiram Capai 17 persen

“Pintu masuk di sini sangat banyak, makanya kami berupaya semaksimal mungkin membendung laju peredaran sembari mendorong upaya pencegahan berbasis masyarakat juga ditingkatkan,” ucapnya.

Selain pemusnahan secara simbolis dengan cara diblender di halaman Mapolda Kalsel, barang bukti narkoba juga dilakukan penghancuran dengan cara dibakar menggunakan mesin incinerator di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ansari Saleh Banjarmasin dipimpin Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Kalsel AKBP Meilky Bharata dan Kasubdit 2 Ditresnarkoba Polda Kalsel AKBP Zaenal Arifien.

Baca Juga