Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. Cegah Stunting, DKP3 Bersama TP PKK Balangan Gelar Lomba Cipta…

Cegah Stunting, DKP3 Bersama TP PKK Balangan Gelar Lomba Cipta Menu Bergizi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, PARINGIN Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan bersama TP PKK Kabupaten Balangan, menggelar lomba masak serba ikan (LMSI) dan lomba menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) dari bahan pangan lokal, di Mahligai Mayang Maurai, Senin (26/9/2022).

Kegiatan yang bertemakan “Ayo Makan Ikan, Lawan Stunting, Cegah Rawan Pangan” ini bertujuan agar apa yang menjadi keinginan Kabupaten Balangan untuk meningkatkan gizi masyarakat seimbang, aman serta beragam bisa diupayakan.

Kepala DKP3 Kabupaten Balangan, Tuhalus, mengatakan kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Menurutnya, dengan adanya lomba yang digelar ini diharapkan mampu menekan angka stunting utamanya dalam mengkonsumsi gizi yang seimbang dan tinggi dari ikan.

“Kami juga berharap tidak hanya ikan gabus yang menjadi bahan olahan tetapi beragam semua ikan yang ada disini bisa dikonsumsi dan bisa di buat, baik langsung di makan maupun dari olahan-olahan yang berupa baik itu nugget maupun hal-hal yang lain,” harapnya.

BACA JUGA :  Bupati Balangan Bagikan Pengalaman Inovatif di Pelatihan PPKMK BPSDM

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Balangan, Sri Huriyati Hadi sangat mengapresiasi dengan kegiatan yang digelar ini. Yang mana lomba tersebut merupakan kolaborasi terbaik bersama pemerintah daerah dalam menurunkan angka stunting di Balangan.

Terakhir, Sri Huriyati Hadi berharap kepada seluruh jajaran TP. PKK Kecamatan agar bisa mensosialisasikan kepada masyarakat bagaimana mengolah ikan yang baik, supaya gizinya tidak terbuang sia-sia.

“Karena kita tahu bahwa mengkonsumsi ikan itu sangat berguna bagi tubuh kita dan juga banyak sekali dari pekarangan-pekarangan yang bisa kita gunakan seperti menanam tumbuh-tumbuhan seperti sayur, jadi itu yang nantinya diolah menjadi makanan yang bergizi,” ucapnya.

BACA JUGA :  Tingkatkan Kompetensi Perawat, RSUD Balangan Gelar Pelatihan BTCLS

Adapun pemenang dalam lomba masak serba ikan (LMSI) untuk kategori menu kudapan yaitu juara 1 Kecamatan Awayan, juara 2 Kecamatan Paringin Selatan dan juara 3 Kecamatan Lampihong.

Selanjutnya pemenang LMSI kategori menu balita yaitu juara 1 Kecamatan Paringin, juara 2 Kecamatan Awayan dan juara 3 Kecamatan Halong.

Sementara untuk LMSI kategori menu keluarga diraih oleh Kecamatan Paringin sebagai juara 1, juara 2 Kecamatan Paringin Selatan dan juara 3 Kecamatan Juai.

Sedangkan pemenang dalam lomba menu B2SA diraih oleh Kecamatan Paringin Selatan juara 1, Kecamatan Batumandi juara 2 dan Kecamatan Lampihong juara 3.

Terakhir juara kategori menu makan terbaik diperoleh dari Kecamatan Paringin Selatan, juara kategori menu launch box terbaik dari Kecamatan Paringin Selatan, serta juara kategori kudapan terbaik diperoleh dari Kecamatan Paringin dengan uang pembinaan masing-masing yaitu Rp750.000.

Baca Juga