Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Upaya Mendukung Gerakan Merdeka Belajar Disdik Banjar Gelar Diklat

Upaya Mendukung Gerakan Merdeka Belajar Disdik Banjar Gelar Diklat

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, Martapura – Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar gelar pendidikan dan pelatihan pembagi kabar pembelajaran Berbasis Digital, Pendidikan Karakter dan PK Guru 360 jenjang SMP Kabupaten Banjar Tahun 2022 dimulai 28 hingga 30 September 2022, di Aula KH. Kasyful Anwar Disdik Kabupaten Banjar. 

Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintah Kabupaten Banjar yang berwenang meningkatkan mutu Pendidikan dijenjang PAUD, SD, SMP, dan PKBM di Kabuapten Banjar, juga berupaya untuk mendukung Gerakan Merdeka Belajar.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 150 Kepala Satuan Pendidikan menengah pertama Negeri dan Swasta.

BACA JUGA :  Guest House Sultan Sulaiman Jadi Tempat Karantina Kesehatan

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar Hj, Nane Andriadne Mengatakan, Penilaian Kinerja Guru atau PKG 360 mulai tahun ini sudah diterapkan untuk menilai Kinerja pendidik di Kabupaten Banjar.

“Sementara itu PKG 360 ini sudah disosialisasikan dan diberlakukan dibeberapa daerah lain sejak tahun 2018, namun kita baru mewajibkan sekarang untuk ini. Kepala Satuan Pendidikan dan guru-guru yang memenuhi syarat menjadi asessor PKG, perlu mendapatkan bekal pengetahuan dan keterampilan untuk melaksanakan tugasnya,”jelasnya.

Dia menambahkan saat ini kebijakan dalam bidang Pendidikan yang dikeluarkan oleh Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi telah mencapai 21 episode. Semuanya dikemas dalam bentuk kebijakan yang kemudian menjadi Gerakan Merdeka Belajar.

BACA JUGA :  Guru Ibad, Kiai Komplits yang Paham Ilmu Pemerintahan

Mengacu kepada Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Kebijakkan dari Kemendikbudristek tentang pemberlakuan Kurikulum Merdeka dan Merdeka Belajar dan DPA Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar tahun Anggaran 2022 yang bertujuan untuk memberikan pencerahan dan wawasan tentang pendidikan karakter.

Dalam meningkatkan pemanfaatan Akun Belajar.id untuk manajemen sekolah agar lebih paham dalam menelaah Raport Pendidikan sekolah masing masing diharapkan pula sekolah sudah menggunakan aplikasi Penilaian kinerja Guru 360.

Baca Juga