Diduga Menipu, JR Digiring ke Bui

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com l, BANJARMASIN – Tipu-tipu yang dilakukan JR (29) warga Jalan Veteran km 5 Gang H Arsyad RT 13 Kelurahan Pangambangan kecamatan, Banjarmasin Timur kota Banjarmasin mengantarkannya ke bui.

Korbannya adalah seorang pedagang bawang di Pasar Harum Manis, Banjarmasin, bernama Siti Kartini (46) warga Jalan Kelayan A II RT. 20 Kelurahan Murung raya kecamatan Banjarmasin Selatan.

Kapolsek Banjarmasin Tengah, Kompol Dodi Haryanto, melalui kanit reskrim, Iptu I Gusti Ngurah Utama Putra, Kamis (24/11/2022) mengungkapkan, pihaknya telah meringkus JR pada Selasa (22/11/2022) sekitar pukul 18.00 Wita saat melintas di jalan Meratus.

BACA JUGA :  Sulitnya Membongkar Jamban Terapung di Telok Selong

“Barang bukti yang kami amankan dari perkara ini adalah 2 lembar nota pembelian, 1 lembar kwitansi sebagai perjanjian bayar, juga 1 buah buku pembukuan hutang,” terang Iptu Gusti

JR pun terancam hukuman seperti pada pasal 378 dan atau 372 KUHPidana tentang penipuan dan atau penggelapan.

Sementara kronologi kejadian ini, ujar kanit reskrim, bermula pada tanggal 17 Oktober 2022 silam terjadi transaksi jual beli bawang antara JR dan korban dengan cara hutang bertempo.

BACA JUGA :  Putra Sampoerna Beri Beasiswa S1 ke Arizona 

“Saat itu pelaku telah membeli 4 karung bawang merah dengan cara berhutang sebanyak 102 karung (ukuran1.600kg) dalam 4 kali transaksi,” beber kanit reskrim.

Akan tetapi berdasarkan surat perjanjian pembayaran sebagaimana dalam kwitansi, JR seharusnya melunasi hutang pada tanggal 4 November 2022.

Namun ternyata hal tersebut tidak dapat dilakukan JR baik pembayaran seluruhnya ataupun sebagian.

Saat korban melakukan penagihan, JR beralasan tidak sanggup dan tidak memiliki uang untuk membayar.

Korban mengalami kerugian sebesar Rp. 46.650.000 dan membawa perkara ini ke jalur hukum.

Baca Juga