Peringati HMPI, Pemkab Balangan Gelar Aksi Tanam Pohon

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, PARINGIN – Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) setiap 28 November dan Bulan Menanam Nasional (BMN) yang diperingati setiap Desember, Pemkab Balangan menggelar Aksi Penanaman Pohon di Kebun Raya Balangan, Paringin, Senin (28/11/2022).

Mengusung tema “Hutan Kita Sultan”, sebagai upaya konservasi lahan,
kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran global dalam mengambil tindakan positif kepada lingkungan.

Hadir mewakili Bupati Balangan yaitu Sekda Balangan, H Sutikno, unsur Forkopimda, Kepala Dinas Pertanahan dan LH, Musa Abdullah, dan sejumlah Kepala SKPD lainnya, perwakilan PT Adaro Indonesia, guru-guru Sekolah Adiwiyata, komunitas relawan lingkungan, serta tokoh masyarakat setempat.

Bupati Balangan dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekda Balangan, Sutikno, menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada para relawan, masyarakat dan semua pihak, atas niat baik, prakarsa, kepedulian dan peran sertanya untuk melakukan konservasi dan mendukung gerakan penanaman pohon guna memulihkan lahan, dalam upaya meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Bumi Sanggam.

BACA JUGA :  Diduga Bawa Sabu, 2 Pria Asal HST ini Diamankan Satresnarkoba Polres Balangan

“Balangan adalah daerah penyangga, tentu saja kita akan selalu melanjutkan setiap tahunnya melakukan program penanaman ini yang mana betul-betul di upayakan agar Balangan ini tidak disebut daerah yang dikategorikan daerah tandus” ujar Sutikno.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanahan dan LH, Musa Abdullah juga menambahkan bahwa kegiatan ini akan menjadi referensi utama yang dapat menjadikan nilai edukasi, nilai lingkungan dan nilai wisata bagi masyarakat Balangan.

“Melalui kegiatan, yang menjadi objek Dinas Pertanahan dan LH adalah edukasi terhadap anak didik kita di Sekolah Adiwiyata. Jadi disini kita akan menjadikan ada nilai edukasi, nilai lingkungan, dan ada nilai wisata,” terang Musa.

BACA JUGA :  Lima Tahun Berselang, Sayap Bendungan Pitap Awayan Kembali Retak

Penanaman pohon dilakukan secara simbolis oleh Sekda Balangan, Sutikno, dan diikuti para tamu undangan lainnya.

Adapun total pohon yang ditanam di Kebun Raya Balangan berjumlah 98 pohon, yaitu Tampang Susu 10 pohon, Kasturi 6, Bubuku 5, Luwi 15, Puyian 10, Tandui 10, Si Lulung 7, Ginalun 15, Asam Buluh 5, Kungkus 5, Rambai 5, dan Katitiwar 5 pohon.

Kemudian selama Bulan Menanam Pohon Nasional atau di bulan Desember ini, juga dilanjutkan penanaman jenis pohon endemik dan pohon langka lainnya oleh Dinas Pertanahan dan LH Balangan.

Baca Juga