Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Kapuas
  4. »
  5. Yaya Setiabudi Buka Latihan Kuntau Haur Bahenda

Yaya Setiabudi Buka Latihan Kuntau Haur Bahenda

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headline9.com, KUALA KAPUAS – Camat Selat, Yaya Setiabudi, S. Sos, MA menyebutkan, Kuntau Haur Bahenda yang merupakan seni bela diri asli Dayak harus dijaga dan jangan sampai punah dikikis zaman.

Hal ini disampaikannya saat pembukaan latihan Kuntau Dayak dari perkumpulan Kuntau tradisional Haur bahenda yang dilaksanakan di aula Kantor Camat Selat, Jalan Tambun Bungai. Minggu (08/01/2023) pagi.

Menurut Camat Yaya, kesenian daerah harus dijaga dengan cara diajarkan kepada anak-anak, sehingga kedepannya anak-anak tersebut yang akan melanjutkan ke generasi selanjutnya. Sehingga seni dan tradisi tidak akan terkikis oleh zaman dan jangan sampai punah.

BACA JUGA :  Bupati Lantik Pejabat Administrasi di Lingkup Pemkab Kapuas

“Saya mau kesenian ini terus dibina dengan baik dengan harapan anak dan cucu kita nanti tahu tradisi dan kesenian kita,” ujar Camat Selat, Yaya Setiabudi kepada media ini.

Kuntau Haur Bahenda merupakan atraksi para pendekar dengan berbagai jurus yang gerakannya diiringi musik dari alat tradisional seperti gendang. Biasanya kuntau ini ditampilkan pada acara-acara besar.

BACA JUGA :  Anggota DPRD Ini Apresiasi Pasar Ramadan, Pemkab Kapuas Fasilitasi Pelaku UMKM Lokal

Camat Yaya Setiabudi selaku Pelindung pada Seni Budaya dan EKRAFPAR, mengharapkan agar terus berupaya melestarikan kesenian tersebut dengan terus melakukan pembinaan dan mengajak generasi muda untuk mewujudkannya, sehingga ada generasinya, untuk melanjutkan estapet menjaga kepunahan bela diri asli daerah tersebut.

“Ini salah satu kesenian yang kita punya jadi harus dilestarikan. Oleh sebab itu, saya mengajak generasi muda ikut berperan dalam melestarikan budaya ini,” tambah Camat Selat.(Gus)

Baca Juga