Guru Khalil Terima Penghargaan Lagi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM MARTAPURA – Bupati Banjar H Khalilurrahman kembali menerima penghargaan atas dedikasinya dalam menjaga kebersihan sungai. Penghargaan tersebut dalam rangka pertemuan seluruh kepala daerah di Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Rabu  (9/1/2018) siang. Guru Khalil berjasa menghapus jamban terapung di Sungai Martapura.

Bupati Banjar H Khalilurrahman mengakui, penghapusan jamban apung merupakan program untuk kelestarian sungai dan kesehatan masyarakat.  Penghargaan ini buah kerja keras bersama seluruh SKPD dan masyarakat.  Memerlukan kerja keras untuk mengubah budaya serta kebiasaan masyarakat tidak buang air besar ke sungai.

BACA JUGA :  Tujuh Desa di Astambul Gelar Pemilihan BPD Serentak.

“Sedikit demi sedikit kita kurangi jamban terapung dari Sungai Martapura. target 1000 jamban, diikuti dengan dana-dana desa,” jelasnya.

Sedangkan Kepala Dinas PUPR Banjar M Hilman, program penghapusan jamban terapung dari sungai dilakukan secara bertahap. Agenda kerja ini menuntut dukungan dan kesadaran masyarakat melestarikan sungai. Pada dua tahun berjalan yakni 2017 dan 2018, sudah berhasil menghapuskan jamban apung sebanyak 505 buah.

BACA JUGA :  Kasus Proyek Sungai Bakung Naik Penyidikan

“Harapan kita sebelum tahun 2021 berakhir kita sudah bisa menyelesaikan target 1000 buah penghapusan jamban apung tersebut, karena itulah menyiapkan pendanaan baik dari pemerintahan desa maupun dari dana alokasi khusus,” tegasnya.

Sedangkan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor memuji Bupati Banjar H Khalilurrahman yang melestarikan sungai dan dijaga tetap sehat dengan program penghapusan jamban terapung. Inovasi tersebut perlu diacungi jempol sebagai karya inovasi memberikan peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Baca Juga