1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Jelang POPDA, FPTI Banjar Gelar Kejurda Tingkat Pelajar

Jelang POPDA, FPTI Banjar Gelar Kejurda Tingkat Pelajar

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Banjar besama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar gelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) tingkat pelajar di Wall Demang Lehman Indrasari, Martapura, Minggu (12/3/2023).

Kejurda yang diselenggarakan Pemkab Banjar tersebut diikuti 21 atlet muda dari berbagai sekolah di Kabupaten Banjar, yang terdiri dari 11 putra dan 10 putri.

Kasi Pemudayaan Olahraga, Dinas Pemuda dan Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar), Fahrudin mengatakan, penyelenggaraan tersebut berlangsung selama satu hari.

“Kejurda ini sekaligus kita lakukan seleksi untuk menuju Pekan Olah Raga Pelajar Daerah (POPDA) Kalsel mendatang,” ujarnya.

BACA JUGA :  Bupati Banjar Terima Kunjungan dari Kemendigbud RI

Lomba yang berlangsung di Wall Demang Lehman tersebut, dengan hadiah sebersar Rp450 ribu untuk juara satu beserta medali dan piagam, jura dua mendapatkan Rp400 ribu dan juara tiga mendapat insentif Rp300 ribu.

Fahrudin menjelaskan, undangan lomba tersebut disebarkan oleh pihaknya keseluruh sekolah di Kabupaten Banjar, namun peminatnya hanya ada 11 sekolah yang mengirimkan siswa.

“Kemungkinan ini karena batas umur, karna maksimalnya kelahiran 2005,” jelasnya.

Dirinya menjelaskan, kedepannya para atlet yang berhasil memenangkan juara tersebut, akan dilakukan pembinaan, berupa Training center (TC) selama 15 hari menuju Porprov.

BACA JUGA :  Hebat Juga Petani Alam Roh 8, Apa Saja .....

Sekretaris FPTI Kabupaten Banjar, Syawli Syahri menambahkan, lomba panjat tetebing perdana diadakan diPOPDA.

“Untuk jatah masing Kabupaten Kota jatahnya 5 putra dan 5 putri,” jelasnya.

Selain itu, Syauli berbesar hati jika pihaknya akan merenggut juara di POPDA karena memiliki atlet kartu AS.

“Kita ketahui salah satu atlet kita pernah merasakan kejuaraan duni arasnama Nor Hasada, jadi kita yakin bisa menang,” pungkasnya.

Reporter: Mada Al Madani

Baca Juga