Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Jelang Lebaran, Harga Sembako Dipasar Dipantau

Jelang Lebaran, Harga Sembako Dipasar Dipantau

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Berkenaan dengan mendekati Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah dan dipenghujung hari kerja Nasional, maka Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Tanah Bumbu, Selasa (18/4/2023) melaksanakan pemantauan harga barang kebutuhan pokok di Pasar Raya Bumi Pangeran, Kecamatan Kusan Hilir dan Pasar Harian Simpang Empat.

Pemantauan harga ini dilaksanakan untuk mengetahui perkembangan harga memasuki hari besar keagamaan nasional.

“Setiap tahun bila memasuki perayaan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Pemerintah Daerah selalu melakukan kegiatan pemantauan harga dan ketersediaan bahan pokok agar bisa mengantisifasi apabila terjadi gejolak pada barang pokok” kata Kadis Kumdagri H. Hamalludin Tahir, S.Pd,MM.

Berdasarkan hasil pemantauan harga barang kebutuhan pokok tersebut, terdapat beberapa barang yang mengalami kenaikan seperti Daging ayam ras dari harga Rp. 25.000/kg naik menjadi Rp. 29.000/kg, daging sapi dari harga Rp. 150.000/kg naik menjadi Rp. 160.000/kg.

BACA JUGA :  Pemkab Tanbu Merasa Kehilangan Almarhum Kadiskominfo Tanbu Ardiansyah

Kenaikan harga barang pokok ini dikarenakan Permintaan dari konsumen yang meningkat menjelang kebutuhan Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Namun, kenaikan barang kebutuhan pokok yang ada masih pada kenaikan normal. Untuk beberapa bahan kebutuhan pokok tersebut dipenuhi oleh pemasok lokal seperti cabe rawit tiung.

Sedangkan barang kebutuhan pokok seperti beras dan telur ayam ras tidak mengalami kenaikan harga tetapi masih pada posisi harga yang masih tinggi.

Untuk barang kebutuhan pokok yang lainnya cukup stabil tidak ada kenaikan harga seperti, gula pasir, bawang merah, bawang putih, tepung terigu, dan lainnya.

BACA JUGA :  Bupati Motivasi Siswa Se-Tanah Bumbu Untuk Raih Kesuksesan

Hari ini, sambung Hamal, pihaknya juga melaksanakan Pasar Murah kerjasama dgn PT BSD Batulucin dengan memberikan subsidi Rp. 25 ribu perpaket sembako murah yang dilaksanakan di Halaman kantor Kec. Kusan Tengah disertai juga oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian juga dari Perangkat Kecamatan Kusan Tengah itu sendiri, sebagai wujud kepedulian pemerintah dan swasta dalam menekan laju inflasi.

Sedangkan untuk ketersediaan barang pokok vital untuk kebutuhan masyarakat Tanah Bumbu dalam keadaan stabil bahkan sampai dua bulan kedepan.

“Menurut para Distributor bahan pokok vital untuk di Tanah Bumbu sangat aman sampai memasuki lebaran Haji atau Idul Adha dua bulan kedepan,” ucapnya.

Baca Juga