Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Zairullah Azhar: Imbas IKN Ekonomi Kalsel Maju

Zairullah Azhar: Imbas IKN Ekonomi Kalsel Maju

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Demi kemajuan Kalimantan Selatan (Kalsel), Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), dr. HM. Zairullah Azhar mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung Pemerintah pusat guna melanjutkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) yang ada di Kabupaten Panajam Kalimantan Timur.

Menurutnya,keberadaan IKN di pastikan berimbas terhadap kemajuan Kal-sel baik di segi Ekonomi, infrastruktur maupun peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) menuju pendidikan yang bisa sejajar di pulau Jawa.

“Saat ini Kal-sel sudah ditetapkan sebagai penyangga IKN, diantaranya yang terdekat adalah Kabupaten Tanbu, Kotabaru maupun Kabupaten Tabalong,” kata Zairullah dalam acara pertemuan tokoh Masyarakat dan Pemuda di Hotel Ratan In, Senin (5/2/2024) di Banjarmasin.

BACA JUGA :  Zairulllah Azhar Resmikan Kantor Desa Kupang Berkah Jaya

“Kalau kita ilustrasikan, nantinya Banjarmasin, Tabalong maupun Tanbu akan seperti Jakarta Tangerang Bekasi,” paparnya.

Sebagai penyangga Dia berkeyakinan, Pemerintah pusat akan membangun infrastruktur pendukung konektivitas guna mempercepat jalur menuju Kabupaten Panajam Paser Utara sebagai titik IKN.

Terkait konektivitas itu ucapnya, Bupati pendiri Tanbu ini sudah pernah melakukan rapat dan pihak Bappenas RI, dimana nantinya akan ada pembangunan jalan Tol mulai dari Batulicin hingga Panajam.

BACA JUGA :  Wabup Muh Rusli Berharap Aplikasi Siapdes Dapat Membatu Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa.

Begitu pula dengan Kabupaten Tabalong, dari titik itu maka pemerintah pusat akan merencakankan pembangunan kereta api.

“Kalau melihat kondisi saat ini, jalan menuju Panajam dari Banjarmasin sekitar delapan jam, sedangkan dari Tanbu sekitar 8 jam, maka dengan infrastruktur itu diperkirakan hanya empat jam menuju titik IKN,” ucap Zairullah.(MHL)

Baca Juga