Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Dibersihkan Balapaks, PUPRP Banjar Akan Survei Sungai Keramat Untuk Bersihkan…

Dibersihkan Balapaks, PUPRP Banjar Akan Survei Sungai Keramat Untuk Bersihkan Sedimentasi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruan dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Banjar akan melakukan survei Sungai Keramat, Desa Kelampayan Tengah, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar untung mengangkat sedimentasi Rabu 7 Juni.

Kepala Dinas PUPRP Anna Rosida Santi menjelaskan, pihaknya akan melakukan pengecelan untuk penanganan Sedimentasi yang berada di Sungai Keramat, samping Kubah Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari (Datu Kelampayan).

“Secepatnya akan kami lakukan survei di sana, menurut informasi yang kami dapat sungai tersebut sepanjang 300 meter dan lebar 4 meter, yang mengarah ke DIR (Daerah Irigasi Rawa, red)” ucapnya kepada Headline9.com.

Anna menjelaskan, untuk saat ini kendala pihaknya dalam melakukan penanganan, karena di bibir sungai banyak rumah dan warung milik warga serta terdapat tanggul berojong. Hal tersebut membuat pihaknya sulit untuk menggunakan alat berat.

BACA JUGA :  Brigjen Sapriadi Buka TAR Permildas 3 Matra TNI se-Indonesia

“Kami lihat dulu nanti ke lapangan, apakah jika kami mengangkat lumpurnya akan merusak brojongnya. Jika merusak kami akan cari cara lain dengan melakukan analisis dan evaluasi,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga mengaku masih belum memiliki anggaran untuk melakukan pembersihan Sedimentasi di sungai tersebut.

Wanita jebolan Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat ini mengatakan, pihaknya juga telah melakukan Operasi Pemeliharaan (OP), serta memasangkan imbauan untuk tidak membuang sampah ke sungai, sebelum hauk Syhek Muhammad Arsyad Al Banjari lalu.

“Namun pembersihan di sana tidak rutin, karena kami biasanya melakukan pembersihan di kota, juga ini sebenarnya tupoksi Dinas Lingkungan Hidup (DLH),” jelasnya.

BACA JUGA :  PMI Banjar Laksanakan Baksos ke Cintapuri Darusalam

Diketahui sebelumnya, Balai Silaturahmi Pecinta Alam Se Kalimantan Selatan (Balapaks) menggelar kegiatan bersih-bersih Sungai Keramat dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Dunia pada Sabtu 3 Juni lalu.

Dalam pembersihan tersebut, Ketua Pelaksana kegiatan, Khausan Izza mengatakan, pihaknya telah melakukan pembersihan sampah yang ada di permukaan sungai.

“Untuk sampah yang ada di dasar kami sulit membersihkan karena sudah bercampur dengan lumpur sedalam 40 senti meter,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan oleh 40 orang anggota Pecinta Alam se Kalimantan Selatan.

Reporter: Mada Al Madani
Editor: Lintang

Baca Juga

KLIK KANAN DIKUNCI... TIMPAKUL