Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjarbaru
  4. »
  5. Aditya dan Vivi Zubedi Raih Penghargaan Manggala Karya Kencana

Aditya dan Vivi Zubedi Raih Penghargaan Manggala Karya Kencana

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU – Pencapaian luar biasa kembali dibuktikan Wali Kota Banjarbaru, H. M. Aditya Mufti Ariffin, kali ini ia bersama istri Vivi Mar’i Zubedi selaku Ketua TP PKK Kota Banjarbaru. Pada 2023 ini, keduanya memborong dua Penghargaan Manggala Karya Kencana sekaligus dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI.

Diinformasikan, Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan tertinggi, yang diberikan Pemerintah Pusat melalui BKKBN RI kepada sosok yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk.

Wali Kota Aditya dinilai telah berhasil melaksanakan berbagai kebijakan dan program yang efektif, dalam mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya perencanaan keluarga, kesehatan reproduksi, dan pengendalian pertumbuhan penduduk.

Kemudian, Ketua TP PKK Kota Banjarbaru, Vivi Mar’i Zubedi, juga meraih penghargaan, karena sudah beperan serta aktif dalam mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera serta upaya dalam menurunkan angka stunting melalui Gerakan Banjarbaru Singkirkan Stunting (Basingsing).

Dua raihan Penghargaan Manggala Karya Kencana sekaligus itu diumumkan melalui Surat Keputusan (SK) Kepala BKKBN Nomor 118/Kep/G2/2023.

BACA JUGA :  Wali Kota Banjarbaru Ikut Gotong Royong Atasi Banjar

Di sisi lain, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPMPPPA) Kota Banjarbaru, Sri Lailana, mengungkapkan sejumlah indikator hingga bisa diraihnya dua penghargaan itu sekaligus.

Pertama Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin ujar Sri memiliki komitmen yang besar dalam membangun Program Bangga Kencana di Kota Banjarbaru.

Bangga Kencana sendiri merupakan program unggulan dari BKKBN RI, guna menjadikan keluarga sebagai sandaran pembangunan, serta berfokus mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Selain itu indikator lainnya Sri menambahkan, keterlibatan sejumlah SKPD yang mengimplementasikan kebijakan kepala daerah.

“Contohnya tahun ini sudah semua kelurahan di Banjarbaru ditetapkan menjadi Kampung Keluarga Berkualitas (KB), dan itu semua berhasil diwujudkan. Bukan hanya membentuk tetapi juga melakukan pembinaan kepada masyarakat soal KB dan kesejahteraan sosial,” katanya, Senin (3/7/2023).

Lebih lanjut, indikator selanjutnya disebutkan Sri yakni dukungan operasional Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk Program Bangga Kencana, selama dua tahun berturut-turut.

Berdasarkan sejumlah indikator tersebut, Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin dinyatakan memenuhi syarat sehingga dianggap layak menerima Penghargaan Manggala Karya Kencana bersama 58 kepala daerah se Indonesia.

BACA JUGA :  Airlangga Hartanto Tinjau Kelurahan Percontohan Prokes dan Penyerahan Bantuan

Penghargaan Manggala Karya Kencana diserahkan langsung oleh Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo, dalam rangkaian Hari Keluarga Nasional (Hargana) 2023, di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (4/7/2023).

“Ini patut dibanggakan, karena tidak semua kepala daerah di Kalsel mendapatakan penghargaan ini. Tentunya juga ini bisa menjadi penyemangat kami terus melaksanakan program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana, untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia dan sejahtera,” ujar Sri Lailana.

Sri juga menegaskan, Pemko Banjarbaru akan terus berkomitmen untuk melanjutkan upaya dalam meningkatkan kualitas kependudukan dan keluarga. Penghargaan Manggala Karya Kencana 2023 dari BKKBN RI akan menjadi motivasi yang lebih besar bagi Pemko Banjarbaru untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat kota Banjarbaru.

Untuk diketahui, khusus di Kalimantan Selatan, hanya ada tiga kepala daerah yang menerima penghargaan tersebut, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, dan Kabupaten Tanah Bumbu

Baca Juga