Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. KPU Balangan Terima Kirab Pemilu 2024

KPU Balangan Terima Kirab Pemilu 2024

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BALANGAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balangan terima Kirab Pemilihan Umum (Pemilu) dari KPU Tabalong, di Ruang Terbuka Hijau Disporapar Balangan, Paringin Selatan, Senin (14/8/2023).

Sebagai informasi Kirab Pemilu 2024 di Balangan berlangsung selama empat hari hingga 17 Agustus 2023 dan akan berlanjut diserahkan ke Kabupaten Kotabaru.

Hadir pada kegiatan, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Balangan, Gazali Al Fatah, Ketua KPU Balangan, Akhmad Turjani, Ketua KPU Kalsel yang diwakili Fahmi Failasopa, unsur Forkopimda Balangan, para ketua Parpol, Ketua KPU kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan dan para pejabat lainnya.

BACA JUGA :  Pengurus Baru HNSI Balangan Diminta Majukan Budidaya Perikanan

Ketua KPU Balangan, Akhmad Turjani menyebut dari delapan kecamatan dan 157 desa/kelurahan yang mana Balangan memiliki 40 orang panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan 471 orang panitia pemungutan suara (PPS), serta jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang telah ditetapkan sebanyak 429 TPS 

Akhmad Turjani menyampaikan bahwa Kirab Pemilu 2024 bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat dalam rangkaian peningkatan partipasi pemilih tahun 2024.

Sementara itu, Perwakilan KPU Provinsi Kalimantan Selatan, Fahmi Failosopa, mengungkapkan bahwa partisipasi pemilih di Kabupaten Balangan pada tahun 2020 mencapai 86 persen dan tertinggi di Kalimantan Selatan.

Fahmi berharap agar Pemilu ditahun 2024 pun nantinya Kabupaten Balangan bisa terus meningkatkan partispasinya dalam memilih dan memberikan hak suaranya.

BACA JUGA :  FAD Kabupaten Balangan Adakan Perumusan Suara Anak

Dalam kegiatan tersebut juga dirangkai dengan penyerahan bendera kirab pemilu 2024, pembacaan deklarasi pemilu sebagai sarana integritas bangsa, penandatanganan deklarasi, penyerahan maskot pemilu tahun 2024, parade pejuang pemilu oleh PPK dan PPS se-Kabupaten Balangan.

Kemudian ditutup dengan persembahan Tari Mandau Api dari Sanggar Seni Budaya Wadian, pelepasan balon, senam kreasi jingle pemilu 2024 dari Sanggar Senam Tulip dan penyerahan plakat kepada KPU Provinsi Kalsel, KPU kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan oleh KPU Balangan.

Baca Juga