Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Tingkatkan Kualitas Wartawan, PWI Tanbu Gelar Pembekalan Kompetensi

Tingkatkan Kualitas Wartawan, PWI Tanbu Gelar Pembekalan Kompetensi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang dikenal masyarakat merupakan salah satu organisasi tertua di Indonesia, kini terus berjuang untuk meningkatkan kualitas para wartawan, melalui sejumlah kegiatan pelatihan jurnalistik yang dilakukan, seperti sekarang ini PWI Tanbu menggelar pembekalan kompetensi wartawan, berlangsung di gedung Auditorium Kapet, jalan Transmigrasi Kecamatan Simpang Empat, Selasa (22/8). 

Pada pembekalan kompetensi wartawan tersebut sebagai Nara Sumber (Narsum) oleh Sekjen PWI Kalsel Toto Fachrudin, diikuti oleh puluhan wartawan daerah Tanbu, humas Polres, TNI AD Lapas, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, humas DPRD, Imigrasi, KSOP, Staf khusus Pemkab Tanbu bidang media, RSB serta Diskominfo Tanbu. 

Tampak antusias dan semangat para peserta pembekalan kompetensi wartawan yang hadir ketika narasumber memaparkan sejumlah materi jurnalistik, berupa memahami fakta dan berita, memahami pers dan Jurnalisme, struktur berita, jenis ragam berita, menulis lead berita, cara menulis tubuh berita secara benar dan rumus berita menggunakan 5W + 1 H. 

BACA JUGA :  Kecamatan Simpang Empat Gelar Sosialisasi BKPRMI.

Selain memberikan sejumlah materi jurnalistik, Toto Fachrudin yang juga dikenal sebagai guru pengajar di sejumlah sekolah perguruan tinggi di Kalsel ini juga memberikan kesempatan kepada sejumlah para peserta untuk bertanya terkait dengan kegiatan pembelajaran jurnalistik yang mengambil tema ” Jurnalisme Berkualitas dan Berintegritas Menghadapi Tahun Politik 2024″.

Dalam kesempatan itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tanah Bumbu Slamet Riadi mengucapkan terimakasih kepada semua peserta yang telah hadir pada kegiatan Pembekalan Kompetensi Wartawan yang di gelar pada hari ini, semoga materi yang diberikan ini dapat bermanfaat dan berguna bagi wartawan itu sendiri. 

Selain itu, Ketua PWI Tanbu yang akrab di sapa Bang Yadi berharap, dengan adanya pembekalan  kompetensi ini, tentunya wartawan di daerah Tanah Bumbu semakin berkualitas dalam membuat berita dan memberikan informasi kepada publik berdasarkan data dan fakta yang ditemukan dilapangan. 

BACA JUGA :  Meski Diguyur Hujan, Upacara HUT RI Tetap Berlangsung Dengah Khidmat

Untuk itu, kedepan kami dari PWI Tanbu terus berkomitmen untuk menggelar sejumlah pelatihan – pelatihan jurnalistik di daerah, dengan tujuan agar para wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu lebih berkualitas dan Profesional. 

Yadi menambahkan, bahwa berdasarkan data PWI Tanbu, bahwa wartawan yang bertugas di Tanbu pada saat ini sudah banyak yang memegang kartu Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dari Dewan Pers, mulai dari jenjang Muda hingga Madya, jadi informasi yang di sajikan ke publik insya alllah semua fakta. 

Baca Juga